Sunday, July 14, 2019

Temulawak, Hadiah Alam untuk Kecantikan

Temulawak, Hadiah Alam untuk Kecantikan -- Alam memberi kita semuanya. Dari dalam tanah, beragam bahan tambang dikeluarkan dan diolah oleh teknologi hingga hidup manusia penuh kemudahan dan kenyamanan. Dari dalam tanah pula, tumbuh beragam tanaman yang menjadi konsumsi manusia.

Alam menyediakan semua kebutuhan sandang, pangan dan papan. Sejak lama, nenek moyang kita telah lama memanfaatkan hadiah dari alam, termasuk khasiat tumbuhan untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu bahan alami ini adalah temulawak.

Tumbuhan dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini, berkerabat erat dengan kunyit. Jelas saja, mereka hanya berbeda di nama spesiesnya saja. Rupa keduanya mirip, hanya saja jika dibandingkan, rimpang temulawak secara umum lebih besar daripada kunyit.



Temulawak
Temulawak banyak digunakan dalam ramuan herbal. Apa saja sih yang bisa dilakukan rimpang dengan isi daging berwarna kuning-oranye ini? Nih dia, beberapa diantaranya:

Khasiat temulawak untuk kesehatan

  1. Mengatasi masalah pada pencernaan. Temulawak banyak mengandung serat pangan yang baik untuk mengatasi perut kembung, pencernaan yang tidak lancar atau sulit buang air besar, dan meningkatkan selera makan. 
  2. Mengatasi masalah pada persendian. Sendi-sendi yang kaku dan linu, dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi temulawak.
  3. Memerangi kanker. Temulawak dapat memerangi sel-sel kanker, ini karena kandungan antioksidan dalam tumbuhan temu-temuan ini.
  4. Mengatasi gangguan kesehatan lain. Temulawak juga diketahui dapat menyembuhkan berbagai gangguan peradangan, maag, infeksi oleh virus dan bakteri.
Nah, yang nggak kalah pentingnya, terutama untuk kaum perempuan, temulawak juga punya segudang khasiat lho untuk perawatan kesehatan dan kecantikan wajah! Wow, apa saja ya?

Kecantikan perempuan Asia 

Khasiat temulawak untuk perawatan kesehatan dan kecantikan

  1. Temulawak dapat menjauhkan jerawat dari kulit, mengangkat sel-sel kulit mati
  2. Temulawak dapat mencerahkan kulit kusam, mengurangi warna kulit yang tidak merata, mengurangi noda hitam di wajah atau flek, 
  3. Temulawak dapat membuat kulit awet muda, menghaluskan dan mengencangkan kulit, mengecilkan por-pori
Wah, banyak sekali ya manfaat penting temulawak, baik untuk penampilan luar maupun kesehatan tubuh dari dalam. Sekarang tinggal bagaimana caranya sih, mengonsumsi atau memanfaatkan  temulawak untuk kesehatan dan kecantikan?

Caranya mudah kok. Kita dapat membuat minuman kesehatan yang mengandung temulawak atau masker temulawak.

Minuman kesehatan temulawak


Bahan-bahan:

- Rimpang temulawak satu atau dua jari
- Madu satu sendok makan
- Air matang hangat satu gelas

Cara membuat:

- Kupas dan cuci bersih rimpang temulawak
- Parut dan peras
- Tambahkan satu sendok madu
- Encerkan dengan satu gelas air matang hangat
- Minuman kesehatan temulawak sederhana siap diminum

Minuman kesehatan ini dapat dikonsumsi setiap hari. Efeknya adalah menyegarkan tubuh, dan menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Masker temulawak

Bahan-bahan:

- Rimpang temulawak satu atau dua jari
- Segenggam beras
- Air matang atau madu

Cara membuat:

- Rendam beras selama 30 menit, lalu tumbuk hingga halus.
- Parut temulawak, lalu campurkan dengan sedikit air dan peras.
- Campurkan beras halus dan perasan temulawak.
- Tambahkan air atau madu secukupnya hingga cukup kental.
- Masker temulawak siap digunakan.

Oleskan masker pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Masker dapat digunakan setiap hari, karena terbuat dari bahan alami sehingga efek samping sangat minimal. Sisa masker dapat di simpan di dalam kulkas, namun jangan digunakan lagi jika masker telah berubah warna dan bau. Setelah diaplikasikan ke wajah selama sekitar 10-15 menit, bilas wajah dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

Apa kalian sama seperti aku, yang kalau baca tentang herbal dan khasiatnya, langsung deh penasaran ingin coba praktik bebikinan? Euh tapiiii ... nanti tangan kuning-kuning dong gara-gara marut temulawak? Lagian, kapan sempat marut dan meras? Rasanya waktu sudah habis oleh tugas negara alias tugas rumah tangga yaaaa ...

Ternyata eh ternyata, ada cara praktis untuk bisa merasakan khasiat temulawak tanpa perlu repot marut dan meras lho, hihihi ...


Yes, rangkaian produk yang terdiri dari Day Cream, Night Cream dan Facial Wash dari PT. Gizi Indonesia ini patut dicoba untuk kalian yang ingin merasakan sensasi paduan khasiat herbal yang diolah oleh teknologi tinggi.

Produk-produk dari PT. Gizi Indonesia telah memiliki sertifikat CPKB, sertifikat halal MUI dan memenuhi persyaratan izin edar dari BPOM. Rangkaian produk Gizi Essential White with Temulawak juga mudah kok diperoleh baik dari toko-toko fisik maupun toko online.

Wah, cocok nih kayaknya buat emak-emak macam aku. Mungkin buat kamu juga, sih. Penasaran? Yuk ah, cuss beli :)



Referensi: 
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-temulawak-cream-obat/
https://www.nijimaru.co.id/

No comments:

Post a Comment