Tuesday, July 16, 2019

Mengolah Sampah Organik 1 - Awalnya dari Halaman

Mengolah Sampah Organik 1 - Awalnya dari Halaman -- Punya pohon-pohon buah besar di halaman rumah punya keuntungan dan kerugiannya. Keuntungannya tentu saja, halaman jadi adem. Lho, ngga kebagian buahnya? Sayangnya, pohon jambu cincalo-ku ngga mau berbuah. Maunya berdaun aja. Paling banter, berbunga deh. Lalu bunganya muruluk ke tanah. Hiks ....

Kalau pohon belimbingku, banyak sih buahnya, tetapi ngga ada yang mulus huhuhu ... semua berpenghuni. Berjatuhan sebelum matang sempurna, berkerut-kerut dan bertitik-titik kecokelatan, tanda sang ulat sudah mengklaim buah itu sebagai tempat tinggalnya.

Ada satu lagi pohon besar, yang ini tumbuhnya di luar pagar. Namanya pohon bintaro. Pohon ini ditanam oleh pengembang sebagai pohon penghijauan di sepanjang sisi jalan perumahan. Tetapi faktanya, banyak pemilik rumah yang menebang pohon ini. Katanya eh katanya, buah pohon ini beracun, jadinya ngga bisa dikonsumsi, dong. Parahnya lagi, kalau menimpa atap mobil, bisa bikin penyok! Kalau menimpa kacanya, bisa bikin pecah! Wah, gawat juga ya. Padahal pohon di depan rumah sudah cukup tinggi dan buahnya banyak. Memang sih, kalau pas lagi jatuh tuh ya, gedebuk! gitu bunyinya. Buahnya besar dan berat. Kalau jatuh dari ketinggian, lumayan juga. Pantas ya, kalau pas lagi ada keramaian di sekitar rumah pun, ngga ada yang mau naruh mobil di depan rumahku. Padahal, kan teduh. Ngeri rupanya, takut mobilnya kejatuhan si buah bintaro ini.

Sunday, July 14, 2019

Temulawak, Hadiah Alam untuk Kecantikan

Temulawak, Hadiah Alam untuk Kecantikan -- Alam memberi kita semuanya. Dari dalam tanah, beragam bahan tambang dikeluarkan dan diolah oleh teknologi hingga hidup manusia penuh kemudahan dan kenyamanan. Dari dalam tanah pula, tumbuh beragam tanaman yang menjadi konsumsi manusia.

Alam menyediakan semua kebutuhan sandang, pangan dan papan. Sejak lama, nenek moyang kita telah lama memanfaatkan hadiah dari alam, termasuk khasiat tumbuhan untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu bahan alami ini adalah temulawak.

Tumbuhan dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini, berkerabat erat dengan kunyit. Jelas saja, mereka hanya berbeda di nama spesiesnya saja. Rupa keduanya mirip, hanya saja jika dibandingkan, rimpang temulawak secara umum lebih besar daripada kunyit.

Friday, July 12, 2019

Microgreens, Sayuran Imut Bernutrisi Tinggi

Microgreens, Sayuran Imut Bernutrisi Tinggi -- Kerimbunan hijau di wadah anyaman bambu di depan kami ini sangat lucu. Seperti hutan mini yang dengan pepohonan yang sangat rapat. Imajinasiku berkelana jauh. Dalam khayalanku, ada beragam makhluk ajaib hidup di sana. Seorang pangeran tersesat di dalamnya, dalam upaya mencari obat mujarab untuk sang putri yang terbaring sakit di istana.

Sebenarnya, sang pangeran tidak perlu mencari lebih jauh. Ya, karena hutan hijau di atas kepalanya adalah microgreens, sayuran imut bernutrisi tinggi.

Apa sih microgreens itu?

Thursday, June 27, 2019

Morinaga Chil Kid Soya, #BekalPrestasi untuk Jadi Juara di Hati Bunda

Morinaga Chil Kid Soya, #BekalPrestasi untuk Jadi Juara di Hati Bunda -- Dini, sepupuku tampak gelisah. Dia berkali-kali mengusap pipi dan mengintip perut Sita, anaknya yang baru berusia 2 tahun yang tertidur di pangkuannya. Aku yang duduk di sebelahnya, jadi penasaran. Saat berikutnya Dini mengangkat baju anaknya, aku mendengar dia menghela napas khawatir.

"Kenapa, Din?" tanyaku sedikit kepo. Aku sebenarnya baru bertemu dengannya. Kami adalah keluarga jauh yang benar-benar jauh hihi ... jauh secara hubungan darah dan domisili. Kami bertemu saat silaturahim Idul Fitri, awal bulan Juni kemarin.

"Ini Mbak Astrid, pipi dan perut anakku merah-merah," ujar Dini. Anak itu menggeliat, tetapi aku masih dapat melihat sekilas bercak-bercak merah saat sepupuku itu mengangkat baju anaknya.

"Aduduh ...," seruku pelan. "Kenapa itu?"

Friday, May 24, 2019

Agar-agar Puding Skippy, Manis Gurih untuk Berbuka Puasa

Agar-agar Puding Skippy, Manis Gurih untuk Berbuka Puasa --- Agar-agar cokelat adalah makanan manis yang menyenangkan untuk dibuat, karena mudah dan sederhana pengerjaannya. Agar-agar cokelat juga memenuhi banyak selera, terutama selera anak-anakku.

Tersedianya beragam tepung instan untuk agar-agar, menjadikan pembuatannya dapat dilakukan dengan cepat. Ikuti saja petunjuk pembuatannya di bagian belakang kemasan, dan dalam waktu yang cukup singkat, agar-agar cokelat segera cepat tersaji.

Tuesday, May 7, 2019

Air Mancur, Tempat Buka Puasa Favorit di Bogor

Air Mancur, Tempat Buka Puasa Favorit di Bogor -- Jika teman-teman sedang jalan-jalan atau berada di Bogor di bulan puasa, coba deh untuk berbuka puasa di Air Mancur. Berlokasi strategis di tengah kota, hanya 12 menit berkendara dari Istana Bogor, Air Mancur adalah tempat nongkrong anak muda yang melegenda di Kota Hujan.


Monday, May 6, 2019

Jadi Tuan Rumah Buka Puasa Bersama? Kenapa Tidak!

Jadi Tuan Rumah Buka Puasa Bersama? Kenapa Tidak! -- Sudah bukan hal aneh bahwa di bulan Ramadhan, ada yang namanya acara buka puasa bersama, alias BukBer. Buat kamu yang super supel, pasti banyak temannya dan pasti bakal banyak pula undangan BukBer di mana-mana.