Tuesday, January 12, 2021

My Own Personal TummyfatlossChallenge

My Own Personal TummyfatlossChallenge 

Jurnal Hari 1 ~ 12 Januari 2021

Berat badan : 68,25 kg

Lingkar pinggang: 87 cm

Lingkar perut: 96,5 cm

Oh my gosh!

Jadi, salah satu resolusi tahun 2021-ku adalah menurunkan berat badan dan lingkar perut. Sebelum ngalor-ngidul lebih lanjut di postingan ini, katanya sih sebelum melakukan apa pun, kita harus setting alasan atau niat di balik itu semua. Well, basically aku menjalankan ini untuk diriku sendiri. Kalau mau dibikin poin-poin mungkin akan jadi seperti ini:

Alasan Pertama: agar badan lebih sehat. 

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, lingkar perut normal untuk perempuan adalah 80 cm. Lingkar perut yang berlebihan menandakan bahwa kita punya lemak perut yang berlebihan. 

80 CM! Enggak salah itu ya? Lingkar perutku 96,5 berarti kelebihan 16,5 cm dong! Berlebihan gak ya itu? Anyway, mungkin di postingan lain aku akan menulis tentang efek lingkar perut yang berlebihan ini.

BMI alias body mass index atau indeks masa tubuh-ku juga sudah menunjukkan angka mengkhawatirkan. Dengan berat badan 68,25 kg dan tinggi badan 168, BMI-ku adalah 24,1 yang artinya sudah berlebih. 

Aku sudah punya cukup data solid untuk bertekad menurunkan berat badan. 

Alasan kedua: agar badan lebih fit.

Fit ini beda ya dari sehat. Menurut KBBI, sehat artinya baik seluruh badan beserta bagian-bagiannya atau terbebas dari sakit. Fit artinya adalah tubuh yang berdaya tahan untuk melakukan aktifitas fisik. 

Jadi kita bisa saja sehat, tetapi tidak fit. Salah satu tanda tubuh yang tidak fit adalah mudah lelah saat melakukan aktivitas fisik dan ... well, well, what do know ... lingkar perut yang besar!

Aku adalah ibu rumah tangga biasa tanpa ART dengan segala aktivitas domestiknya. Aku juga punya satu putri balita yang sedang aktif-aktifnya. Tentu aku ingin dapat melakukan semua aktivitasku dengan maksimal. 

Alasan ketiga: untuk merasa lebih baik.

Maksudnya apa ini, merasa lebih baik? Apakah orang yang gemuk tidak bisa merasa lebih baik?

Oh oh, jangan mulai war denganku, ya. Intinya sih, menurunkan berat badan adalah pilihan pribadi masing-masing orang. Ada yang bilang bahwa gemuk is OK asalkan sehat dan bahagia. Well it's all up to you

Aku memang ingin lebih langsing dengan alasan-alasan di atas. Usaha-usaha yang mengarahkanku menuju ke sana membuatku merasa lebih baik karena aku jadi punya perasaan bahwa aku melakukan sesuatu untuk mencapai tujuanku itu. 

Alasan-alasan lain merupakan perluasan dari ketiga alasan inti di atas: aku ingin agar baju-baju dan celana-celana lamaku dapat dipakai kembali, aku tidak mau jajan baju dan celana baru sehingga dapat menghemat uang, aku ingin dapat mengimbangi Defai lomba lari, dan aku ingin menua dengan sehat dan cantik.

Olahraga apa yang akan kulakukan untuk tantangan menghilangkan lemak perut ini?

1. Bersepeda sekitar 30 menit setiap hari.
    Kenapa aku memilih bersepeda? Karena aku suka dan karena ada sepeda di rumah. Selain membakar kalori, bersepeda juga adalah olahraga kardio yaitu olahraga yang meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan sistem sirkulasi. Olahraga ini memperkuat otot jantung dan mengontrol tekanan darah. 

2. Melakukan plank minimal 5 x 30 detik setiap hari.
    Plank adalah latihan kekuatan inti isometrik di mana tubuh mempertahankan posisi yang mirip push-up selama waktu yang memungkinkan.



3. Mengikuti tahapan olahraga di link youtube ini: How to get a flat stomach in a month at home.
    Ada banyak sekali video di youtube tentang penurunan berat badan baik secara keseluruhan atau yang memfokuskan pada satu titik tubuh yang disasar. Pada dasarnya, semua klaim yang disertakan di video-video itu mungkiiin saja benar, tetapi bagaimana cara membuktikannya? Tentu dengan menjalaninya terlebih dahulu.


Aku memilih video ini karena jujur saja, sepertinya gerakan-gerakan yang ditunjukkan di sini paling sedikit dibanding video lain, hehehe. Gerakan apa saja? Ahaha ... aku akan bahas di postingan berikutnya ya :)

Doakan saja semoga aku konsisten menjalani tantangan ini, dan konsisten juga menulis postingan day-to-day tentang segala hal yang berhubungan dengan tummyfatlosschallenge ini yaaa!


Sumber pustaka:
https://www.alodokter.com/ini-cara-mengukur-dan-menjaga-lingkar-perut-normal
https://hellosehat.com/cek-kesehatan/kalkulator-bmi/#gref
<a href="https://www.freepik.com/photos/woman">Woman photo created by shurkin_son - www.freepik.com</a>

3 comments:

  1. Hayuks. Saya ge pengen mengecilkan lingkar perut 😁😁. Areungap. Tapi konsistennya yg susah euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuuuukk ... kalau ada teman seperjuangan teh resep da. Ini juga aku berjuang buat konsisten hehehe

      Delete
  2. Hayuks. Saya ge pengen mengecilkan lingkar perut 😁😁. Areungap. Tapi konsistennya yg susah euy

    ReplyDelete