Thursday, January 14, 2021

My Own Personal 30DTummyFatLossChallenge - Day 3

My Own Personal 30DTummyFatLossChallenge

Jurnal Hari 3 - 14 Januari 2021

Berat badan: 66,30 kg

Lingkar perut: 96,5 cm

Lingkar pinggang: 86 cm


Tanggal        Berat badan (kg)          Lingkar perut (cm)         Lingkar pinggang (cm)
12 Jan            68,25                              96,5                                   87

13 Jan            66,75                              96,5                                   87    

14 Jan            66,30                              96,5                                   86  

Hmmm ... berat badan turun lagi sebanyak 0.45 kg ... not bad ...

Di postingan kali ini, aku akan mencoba menulis tentang PLANK, dari berbagai sumber ya.


Jadi untuk sederhananya, plank seperti yang diilustrasikan di gambar atas adalah gerakan mirip push-up tetapi kita tidak bergerak naik turun. 

Sebenarnya ada berbagai ragam plank, tetapi yang paling umum adalah  siku ditekuk, badan lurus seperti papan lalu mulailah berhitung.

Berapa lama kita harus bertahan di posisi plank? Tergantung kekuatan tubuhmu, tetapi umumnya disarankan untuk menahan posisi ini selama 30 detik saja.

30 detik saja? Bentar amat?

Yeah ... kalau kamu sudah terbiasa mungkin akan terasa sebentar. Kalau belum pernah mencobanya, ckck ... 30 detik itu feels like forever!

Kenapa plank sulit dilakukan?

Jika kamu tidak terlatih atau tidak terbiasa berlatih, maka core muscle atau otot intimu akan lemah. Apa itu otot inti? Otot inti adalah otot di mana titik tengah gravitasi tubuh berada. Otot inti terdiri dari jaringan otot yang menopang keseluruhan struktur tulang belakang, perut, panggul dan pelvis. Otot inti yang kuat berarti keseimbangan yang baik dalam melakukan gerakan kinetik tubuh.

Nah, jika otot inti lemah, maka akan sulit sekali melakukan plank. Otot perut dan otot samping perut yang lemah akan menyulitkan tubuh dalam menahan bagian tengah tubuh saat plank, sehingga tubuh akan melengkung ke bawah.

Posisi plank yang salah justru berpotensi menyebabkan nyeri dan cidera, lho, jadi jangan salah melakukannya.

Tahukah kamu, rekor terlama orang melakukan plank? 8 jam lebih! My god! George Hood, usia 62 tahun, memecahkan rekor dunia pada tahun 2020 dengan melakukan plank selama 8 jam 15 menit 15 detik! Strong banget otot perutnya ya!

Dan aku mah, 30 detik aja rasanya kayak apa tau. Padahal aku sudah setiap hari melakukan plank minimal 5 x 30 detik, tetapi kenapa tidak jadi lebih mudah, ya?

Plank ini sangat banyak manfaatnya. Selain manjur meratakan perut, plank juga akan menguatkan dan mengencangkan otot kaki, lengan, paha dan bokong. Kalori yang digunakan untuk plank lebih banyak dibandingkan dengan yang digunakan untuk sit-up dan crunch. Makanya plank disebut-sebut sebagai olahraga otot perut nomor 1.

Olahraga plank juga sangat baik untuk orang-orang yang banyak bekerja sambil duduk di depan komputer, karena plank akan memperbaiki postur tubuh dan mengurangi rasa pegal di bahu dan leher karena sering membungkuk.

Next post, aku akan menjelaskan tentang crunch yaaa ...

No comments:

Post a Comment