Wednesday, January 13, 2021

My Own Personal 30DTummyFatLossChallenge - Day 2

 My Own Personal 30DTummyFatLossChallenge

Jurnal Hari 2 - 13 Januari 2021

Berat badan: 66,75 kg

Lingkar perut: 96,5 cm

Lingkar pinggang: 87 cm

Eh ... beneran nih turun sekian gram dari timbangan kemarin?


Let's see ...

Tanggal        Berat badan (kg)          Lingkar perut (cm)         Lingkar pinggang (cm)
12 Jan            68,25                              96,5                                   87

13 Jan            66,75                              96,5                                   87    

Wah, kok amazing ya, turun 1,5 kg dalam sehari saja? Kalau besok sudah sampai 65 kg, berarti selesai dong challenge-nya wkwkwk ... Mungkin timbanganku yang kemarin salah ya? Atau yang hari ini error? Tapi aku bolak-balik naik turun timbangan, angkanya tetap sama, tuh. Anyway kita coba lihat timbangan besok deh. 

Ah ya, hal kedua yang harus ditetapkan saat kita akan melakukan sesuatu adalah target, tujuan, goal or whatever the name lah. Target ini harus masuk akal untuk dicapai dan jangan terlalu heboh. Kalau bisa sih sesuai target yang diklaim di video yang aku jadikan acuan, ya. Tapi kan weight loss ini gimana ya ... agak-agak unik karena hasilnya sangat mungkin berbeda-beda pada setiao orang. Sependek yang aku tahu, program olahraga untuk menurunkan berat badan sangat dipengaruhi oleh metabolisme tubuh dan diet yang dijalankan masing-masing orang.

Target berat badan yang ingin aku tuju adalah 65 kg di akhir 30 hari masa tantangan. Kalau 65 sudah tercapai sebelum 30 hari, maka target aku tambah ke 60 kg. 

Target lingkar perut adalah turun sebanyak sekitar 4 inci atau 10 cm. 

Nah, target lingkar perut ini kok kayaknya lebih sulit dicapai ya dibanding target berat badan? 

Hush ... jangan pesimis dulu ah ... jalanin aja dulu, yes!

Di postingan ini, aku akan beberkan tentang gerakan-gerakan dalam video yang kuikuti. Jadi, hanya ada empat yes empat gerakan yang harus dijalani ya.

1. Planks 

Gerakan ini dilakukan selama 30 detik di minggu pertama dan meningkat 10 detik setiap minggunya. Sebenarnya aku sudah terbiasa melakukan plank ini, setiap setelah shalat. Whew ... lumayan banget lah menahan posisi ini. Bikin napas ngos-ngosan.



2. Bicycle crunches

Ini gerakan mendekatkan siku dan lutut sementara posisi tubuh terlentang. Begitulah secara sederhananya. Pertama kalinya aku melakukan ini di hari pertama tantangan, oh my gosh perutku rasanya kayak tertariiikk di dalam. Sakiiit banget! Kram kali, ya? Menyelesaikan 15 set kiri dan kanan itu benar-benar perjuangan!


3. Leg raises

Gerakan ini yang paling sulit di antara semuanya! Ya ampun kakiku tuh berat banget rasanya. Tapi bener-bener deh kerasa langsung efeknya ke otot perut bagian bawah! Langsung berasa kencang banget. Gerakan ini diulang naik turun sebanyak 10 kali. Dan kaki aku ngga bisa dong ngga menyentuh lantai. Pasti langsung turun terjun bebas! Semoga ke depannya bisa lebih baik deh.


4. Bird dogs

Ini mungkin gerakan yang paling mudah, makanya ditaruh di paling belakang ya. Cuma masalah keseimbangan aja sih menurutku. 


Nah, jadi beneran cuma ada empat gerakan ya yang dianjurkan dan katanyaaa sih bisa membuat perut rata dalam waktu satu bulan alias 30 hari. Ditotal-total, waktu yang dibutuhkan untuk semua gerakan ini (kalau lancar bin mulus) ya paling cuma 10 menit aja, lho! 

Lalu 10 menit per hari selama 30 hari itu beneran bisa bikin perut rata?

Ah masa sih? 

Eh! Sebelum kamu bilang 'masa sih', jalanin aja dulu ya! *muka galak

Di hari pertama dan kedua ini, aku masih kepayahan banget melakukan tiga gerakan pertama. Harapanku, semoga dengan menjadikan kegiatan olahraga ini sebagai rutinitas, aku akan semakin gape melakukan semuanya. 

Postingan berikutnya, aku akan coba jelaskan manfaat dari masing-masing gerakan. Dengan memahami manfaatnya, insyaAllah akan semakin kuat tekadku untuk menjalani tantangan ini sampai batas waktu yang aku tetapkan sendiri. Ke depannya, who knows ... mungkin ini akan jadi habit hidup sehatku ... aamiin.






No comments:

Post a Comment