Wednesday, January 3, 2018

Nyamannya Liburan di Pesona Krakatau Cottages & Hotel

Ini adalah kali kedua kami, keluarga besar dari suamiku, menginap di Pesona Krakatau Cottages & Hotel saat liburan semesteran sekolah anak-anak.

Pesona Krakatau Cottages & Hotel berada di tepi pantai Anyer, Serang, Provinsi Banten. Kami memang selalu mengincar tempat liburan yang ada pantainya. Maklumlah ada banyak pasukan cilik yang sangat suka cibang cibung di air.

Pesona Krakatau Cottages & Hotel berjarak sekitar 180-an kilometer dari Bogor via tol Tangerang-Merak. Dengan kecepatan normal, jarak tempuh adalah sekitar 5 jam. Hanya saja, kemarin itu ada perbaikan jalan yang sedikit menghambat kami, sehingga menambah satu jam dari jarak tempuh biasanya.

Pertama kalinya kami berlibur ke sini adalah setahun yang lalu. Dulu kami menyewa dua cottage di tepi pantai dengan pemandangan langsung menghadap laut. Tapi kali ini, dua hari yang kami pilih untuk berlibur ke tempat ini yaitu 24 dan 25 Desember 2017 ternyata juga diminati oleh banyak pengunjung lain, sehingga kami hanya kebagian satu cottage di tepi pantai yang ditempati oleh orangtua suami, satu keluarga kakak ipar dan satu keluarga adik ipar.

Cottage tepi pantai

Pemandangan dari depan cottage tepi pantai
Lahan parkir di Pesona Krakatau cukup luas. Kami juga bisa memarkir mobil tepat di sebelah masing-masing cottage. Cottage tepi pantai terdiri dari tiga kamar tidur ber-AC, salah satunya dengan kamar mandi di dalam, satu buah kamar mandi di luar, dapur dan perlengkapannya, dispenser, kulkas, meja makan, telepon, sofa dan meja, serta tivi layar datar.

Keluargaku dan dua keluarga kakak ipar lain masing-masing mendapatkan satu cottage di dekat kolam renang. Sedikit lebih jauh dari pantai, tapi paling hanya lima menit berjalan kaki koq. Ah ya, kolam renang yang memanjang ini terdiri dari kolam renang anak-anak, kolam renang sedang dan kolam dalam untuk dewasa. Ditengah-tengahnya ada kolam dangkal kecil tempat membilas badan dari sisa pasir, untuk pengunjung yang datang setelah berenang di pantai. Jadi saat masuk kolam renang, air kolam tidak akan terlalu kotor oleh pasir pantai. Jika badan sangat-sangat penuh pasir, disarankan untuk membilas badan terlebih dulu di bilik-bilik tempat membilas di sebelah kiri cottage

Kolam renang di depan cottage kami
Cottage yang kutempati adalah nomor C4 atau Charlie4. Fasilitasnya sama dengan yang di tepi pantai, hanya saja kamar tidurnya hanya satu. Walaupun kecil, tapi ruangan-ruangannya bersih dan rapi. Saat kami masuk, samar-samar tercium bau cat. Mungkin bagi sebagian orang ini mengganggu, tapi bagi kami, justru seperti menyatakan bahwa ruangan ini sengaja diperbarui hanya untuk kami :)

Tampilan depan cottage kami

Siap main ke pantai!

Kamar tidur
Free wifi juga tersedia di lingkungan Pesona Krakatau. Kita tinggal telepon front office saja untuk tahu username dan password-nya. Wifinya cukup cepat koq, jadi nyaman juga untuk browsing, upload dan update status pastinya hahaha...

Kami check in jam 14.00. Karena hanya sekitar satu jam lagi saja menjelang waktu Ashar, kami menunggu sebentar walaupun anak-anak sudah sangat tidak sabar untuk berlari ke pantai. Defai juga ikut dong ke pantai, tapi jam segitu itu memang waktunya dia tidur siang menjelang sore, dan kalau Defai sudah mengantuk tidak ada yang bisa menghalangi hahaha... Yang ada, kami kasihan karena Defai terus-terusan menguap saat main di pantai. Akhirnya suamiku yang menemani Faza dan Izzan main di pantai, sementara aku kembali ke cottage untuk menidurkan Defai.

Nyamannya Defai tidur :)
Menjelang maghrib, suamiku dan anak-anakku akhirnya pulang juga. Mandi sebentar lalu sholat maghrib dan kami bertandang ke cottage tepi pantai untuk makan malam bersama. Setelah itu, anak-anak langsung berlarian lagi ke pantai untuk mencari kepiting. Seru banget deh mencari kepiting di bawah sinar lampu senter. Kepiting-kepiting pantai itu keluar di waktu malam, tapi mungkin tahu ya kalau ada banyak pemburu malam itu, jadi mereka bersembunyi di lubang-lubang di dalam pasir.

Kepiting... di mana kamu?
Menjelang jam sembilan malam, anak-anak sudah tampak lelah dan mengantuk. Kami kembali ke cottage kami, sholat Isya dan bersiap untuk tidur. Ada tawaran untuk mendapatkan extra bed, dan karena kami lihat Defai menguasai sebagian besar tempat tidur di kamar, kami setuju untuk satu extra bed yang kami taruh di depan tivi.

Fasilitas sarapan keesokan paginya disediakan oleh Pesona Krakatau Cottage & Hotel di dua tempat. Satu di restoran tepi pantai dan satunya lagi di restoran di tepi deretan cottage. Kupon sarapan diberikan untuk dua orang dari masing-masing cottage. Karena anak-anak sudah sarapan nasi goreng yang disiapkan oleh Nenek di cottage tepi pantai dan sudah sibuk lagi berenang di kolam renang, aku dan suami saja yang menikmati sarapan di resto cottage. Menunya sih standar ya, ada nasi goreng dan bubur ayam dengan beberapa gorengan, all you can eat. Untuk minumannya, aku mengambil jus jeruk.

Secara keseluruhan, cottage yang kami tempati memang nyaman. Di malam hari saat aku dan suami bersantai di depan tivi, aku sempat berbisik, bagaimana jika kami berlima saja kapan-kapan yang menginap di sini, hitung-hitung bulan madu yang tertunda gituuu... Aahaha... bulan madu setelah ada tiga anak, euuhh lebih ekstrem lagi... bulan madu ditemani tiga anak? But this place is quite worth the price, seriously. Just come, and prove it :)

Foto bersama keluarga besar di depan cottage tepi pantai