Sunday, October 27, 2019

Siliwangi Bolu Kukus, Inovasi Rasa Kearifan Lokal Bumi Pasundan

Hari Jumat tanggal 25 Oktober 2019, ada keriuhan yang terjadi di Stasiun Bogor. Pengunjung sangat padat di dalam toko Siliwangi Bolu Kukus, dan mengular hingga ke area pejalan kaki di depannya.

Ya, hari itu adalah saatnya launching day untuk Siliwangi Bolu Kukus, satu lagi merek baru yang akan meramaikan jagat kuliner Bogor Raya. Bolu Kukus? Di Bogor? Lah, bukannya sudah banyak pemain kuliner bidang ini di Kota Hujan? Eh, jangan salah. Banyak yang meramaikan, itu berarti ada  banyak sekali konsumen yang menyukai bolu kukus. Hanya diperlukan inovasi dan kreativitas, maka akan ada banyak sekali berkesempatan untuk sukses meraup porsi konsumen.



Store Siliwangi Bolu Kukus
Dok. Bang Aswi

Siliwangi Bolu Kukus dengan cerdas memilih lokasi yang sangat strategis sebagai tempat launching toko pertamanya di Kota Bogor. Yess, memilih lokasi di Stasiun Bogor sebagai satu tempat di mana penduduk asli, pendatang dan pelancong hilir mudik adalah satu pilihan tepat. Kalian ngga akan mungkin melewatkan toko ini. Letaknya persis di bawah jembatan penyeberangan, dekat loket pembelian tiket kereta.

Dok.pribadi
Bogor sebagai salah satu destinasi wisata kuliner ditandai oleh menggeliatnya berbagai industri berbasis makanan dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini tak luput dari perhatian Siliwangi Bolu Kukus. Wisata dan kuliner adalah satu item yang tak terpisahkan lagi.

Karena berhubungan dengan wisata, maka kuliner pun terkait erat pada kekhasan suatu daerah. Sebut saja Jakarta dengan kerak telornya, atau Yogyakarta dengan gudegnya. Bogor? Tentu saja ada talas di sini. Eh jangan lupa, kopi Bogor pun tengah menunjukkan geliatnya. Menurut situs online bogor-today.com, kopi dari Bogor telah 3 tahun berturut-turut menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional. Kopi Bogor juga telah diekspor ke mancanegara.

Maka saat aku tahu bahwa Kopi Bogor menjadi salah satu pilihan rasa Siliwangi Bolu Kukus, wah ... penasaran sekali dengan rasanya. Dan aku tidak kecewa, rasa kopinya benar-benar terasa! Aku juga membeli satu rasa favorit anak-anak yaitu Brownies Cokelat. Hmmm ... tekstur bolunya lembut, rasa manisnya pas, dan kejunya melimpah! Anak-anak sangat suka!

Siliwangi Bolu Kukus rasa Brownies Cokelat
Dok. pribadi
Siliwangi Bolu Kukus melakukan terobosan rasa dengan menawarkan 8 varian rasa yaitu Alpukat Mentega, Brownies Cokelat, Susu Lembang, Talas Bogor, Stroberi Lembang, Ketan Kelapa, Kopi Bogor dan Ubi Cilembu.

8 pilihan rasa Siliwangi Bolu Kukus
Dok. IG Siliwangi Bolu Kukus

Dari pilihan rasanya dan namanya, kita dapat melihat betapa erat kaitan Siliwangi Bolu Kukus dengan budaya Bumi Pasundan. Nama Siliwangi berasal dari kata 'Silih' dan Wawangi'. Sejarahnya adalah, Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja yang memerintah Kerajaan Sunda Galuh dianggap sebagai pengganti kakeknya, Niskala Wastu Kancana yang bergelar Prabu Wangi. Karena dianggap punya kekuasaan yang sama besar dengan kakeknya, beliaupun dikenal dengan gelar Prabu Siliwangi.

Silih Wawangi juga menjadi kesatuan dari semboyan Prabu Siliwangi yaitu 'Silih Asih Silih Asah Silih Asuh Silih Wawangi'. Maknanya, bahwa setiap manusia harus saling mengasihi bagai seorang ibu pada bayinya, saling mengasah dalam kehidupan agar lebih berdayaguna, saling mengasuh dan saling memberikan hal-hal yang positif.

Tampilan dalam toko Siliwangi Bolu Kukus.
Dok. Bang Aswi
Menarik bahwa filosofi ini diterapkan oleh CV. Boga Karya Siliwangi sebagai produsen Siliwangi Bolu Kukus. Muhammad Faisal Chaniago selaku Director CV. Boga Karya Siliwangi mengatakan bahwa Siliwangi Bolu Kukus adalah suatu bentuk karya yang mengangkat nilai sejarah dan kearifan lokal. Beliau juga berharap Siliwangi Bolu Kukus dapat diteriam oleh masyarakat luas dan memberi nilai kebaikan bagi semua yang terlibat.

Harapan Pak Faisal Chaniago tampaknya menjadi kenyataan. Antrian yang mengular menunjukkan minat yang sangat besar dari masyarakat terhadap produk yang inovatif rasa ini. Ditambah oleh promo spesial khusus di hari launching yaitu Buy1Get1 cukup dengan harga Rp25.000,00 saja untuk 500 pembeli pertama, benar-benar mampu meludeskan ratusan kotak bolu kukus yang disediakan di store.

Antrian di luar store Siliwangi Bolu Kukus
Dok. Bang Aswi

Pengunjung yang mengantri di depan kasir.
Dok. Bang Aswi
Aku bersama 19 orang influencer, mendapat kesempatan untuk meliput launching store Siliwangi Bolu Kukus. Kami melihat sendiri betapa antusiasnya para pengunjung untuk merasakan sensasi rasa yang baru. Store dibuka pada pukul 06.00 dan di pukul 07.07, promo Buy1Get1 telah menjangkau 50 orang. Di pukul 11.00 promo untuk 500 pembeli pertama telah mencapai target dan akhirnya di-loss-kan untuk semua stok sampai habis. Varian rasa yang paling pertama habis diburu konsumen adalah rasa Alpukat Mentega dan Cokelat Brownies.

Wow banget ya?

Pak Tegar Pranata, GM CV.Boga Karya Siliwangi bersama para influencer.
Dok. pribadi

Para konsumen yang puas.
Dok. pribadi
Siliwangi Bolu Kukus telah mendapatkan sertifikasi PIRT dan Halal. Hal ini merupakan suatu nilai plus yang sangat baik, karena bukan saja memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen untuk mengonsumsi Siliwangi Bolu Kukus, tetapi juga menyatakan komitmen dari CV. Boga Karya Siliwangi dalam memberikan kebaikan kepada konsumennya. Kemasan bolu ini juga dilengkapi dengan informasi penyimpanan dan tanggal kadaluarsa. 

Semoga saja, Siliwangi Bolu Kukus kuat menghadapi persaingan dunia kuliner Bogor. Dengan terus mengasah inovasi dan kreativitas, dan berpegang teguh pada nilai-nilai baik, aku yakin Siliwangi Bolu Kukus dapat terus bertahan dan berkembang. Aamiin.

Buat kalian yang belum sempat mencoba Siliwangi Bolu Kukus, yuk main-main ke Stasiun Bogor. Cicipi inovasi rasa kearifan lokal dari Bumi Pasundan, dalam bentuk Siliwangi Bolu Kukus :) Untuk informasi dan pemesanan, silakan hubungi kontak di bawah ini yaaa ...

HP/WA: 0811 825 0044
FB: siliwangibolukukus.id
IG: siliwangibolukukus

Siliwangi Bolu Kukus
Dok. pribadi


#SiliwangiBoluKukus
#GratisBoluKukus
#LaunchingSBK

No comments:

Post a Comment