Tuesday, May 7, 2019

Air Mancur, Tempat Buka Puasa Favorit di Bogor

Air Mancur, Tempat Buka Puasa Favorit di Bogor -- Jika teman-teman sedang jalan-jalan atau berada di Bogor di bulan puasa, coba deh untuk berbuka puasa di Air Mancur. Berlokasi strategis di tengah kota, hanya 12 menit berkendara dari Istana Bogor, Air Mancur adalah tempat nongkrong anak muda yang melegenda di Kota Hujan.




Air Mancur di waktu malam
sejarahbogor.com
Lokasi air mancur yang berada di tengah jalan, memiliki undakan-undakan rendah yang sangat ideal untuk duduk-duduk sambil mengamati suasana malam kota Bogor yang indah. Kalian juga dapat membeli makanan dan minuman untuk dibawa dan dinikmati di sini, bagai piknik di malam hari. Hanya saja, harus diingat ya, jangan sampai meninggalkan sampah berceceran, karena hal itu akan sangat mengganggu kebersihan lokasi dan pengunjung lain.

Jenis kuliner apa saja yang dapat ditemui di tempat ini? Mau yang tradisional atau internasional, semua ada, lho. Sebut saja, dari camilan ringan seperti aneka gorengan dan minuman hangat seperti sekoteng dan bandrek. Ini semua ada di warung-warung tenda di sebelah kiri jalan, jika kalian menghadap Istana Bogor.

Agak sedikit ke selatan, ada Martabak Air Mancur yang duuuhhh ... enak banget martabaknya! (Aku nulis ini aja sambil membayangkan enaknya berbuka puasa dengan martabak manis dan martabak telurnya ... yumm :) 

Martabak Telur Air Mancur
www.martabak-airmancur.com
Martabak Air Mancur berada satu gedung dengan Es Teler KK. Selain martabak, kalian juga dapat mencoba aneka makanan dan minuman seperti batagor, mie ayam, nasi tim dan es teler. 

Ada juga penjual ayam goreng sukabumi, sate ayam dan kambing Air Mancur (kalian wajib coba ini juga, rasanya mantappp!), sate taichan dan sate padang. Untuk yang ingin makanan yang tidak terlalu berat, ada pula bubur ayam.

Jika cuaca cerah, aku sih merekomendasikan untuk makan di tenda atau duduk di pinggir jalan. Asyik banget, lho! Berbuka puasa sambil menikmati lalu lalang orang-orang. 

Namun jika hari hujan, jangan khawatir. Ada banyak kok rumah makan di sekeliling Air Mancur. Satu contoh saja ya, dengan berjalan sedikit ke arah timur, ke Jl, RE. Martadinata, kalian bakal menemukan Steak House Kedai Aer Mantjoer. Rumah dengan desain zaman kolonial Belanda ini menyediakan beragam menu steak yang bakal bikin lidah kalian bergoyang.

Eh, tetapi lebih baik nih ya, kalian tuh menikmati kuliner Bogor ini setelah shalat magrib, ya. Jangan khawatir, ada dua masjid besar di Air Mancur. Yang pertama, hanya sepelemparan batu jaraknya dari Air Mancur yaitu masjid lama berarsitektur khas Jawa yang cukup besar, Masjid Jami' Al Hijri di Jl. RE. Martadinata. Masjid kedua adalah masjid yang relatif masih muda usianya, Masjid Jenderal Besar Soedirman di Museum Peta Jl. Soedirman, di tengah-tengah antara Air Mancur dan Istana Bogor. 

Akan lebih tenang dan nyaman menikmati saat berbuka setelah tunai kewajiban shalat maghrib, bukan? :)

Sebenarnya, ada banyaaak sekali tempat makan favoritku di kota kesayangan Bogor, tetapi memang Air Mancur ini punya keistimewaan tersendiri di hatiku. Bagaimana dengan di kota kamu?

No comments:

Post a Comment