Saturday, December 15, 2018

7 Kehebatan Perut Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Rasa-rasanya, hampir semua ibu mengalami yang namanya susah memberi asupan sayur kepada anak, ya? Sayuran yang memang rasanya itu hmmm … lebih tasteless dibanding kue dan penganan asin gurih, biasanya sih memang ada di daftar terbawah makanan favorit anak.

Duh, bingung ya kalau anak tidak suka makan sayur!
Sumber gambar: dailymail.com


Aku pun pernah mengalaminya juga. Defai itu lumayan picky eater juga, sih. Belum juga dicoba, dia sudah bilang “No no no!”. Iihh gimana enggak gemas, ya? Padahal, setelah satu suapan? Masih menggeleng kepala sih heheh. Emak jadi pusying tujuh keliling memikirkan gimana caranya gizi dan serat bisa masuk ke mulut kecilnya itu.

Karena oh karena, semua juga tahu bahwa sayuran adalah sumber vitamin, mineral dan serat yang manfaatnya sangat penting bagi kesehatan perut si Kecil.

Kenapa pula kesehatan perut sangat penting? Karena semuanya berawal dari perut. Maksudnya, jika perut alias pencernaan si Kecil sehat, maka akan sehat dan cerdaslah anak kita. Siapa coba yang tidak ingin anaknya sehat dan cerdas?

Apa saja sih ya, fungsi serat untuk pencernaan anak-anak kita?

Nih, ada 7 kehebatan perut yang sehat yang bisa didapatkan:

1. Pencernaan nyaman

Defai pernah menangis dan karena dia masih kecil, dia belum bisa mengatakan dengan jelas, apa yang salah dengan tubuhnya. Tapi saat aku tepuk-tepuk perutnya, ada bunyi 'dung dung dung' yang tidak biasa. Wah, Defai kembung nih! Anak kecil memang sudah pasti rewel kalau perutnya tidak nyaman. Nah, serat dapat mendukung fungsi cerna makanan, sehingga anak akan terhindar dari rasa tidak nyaman di perutnya.

2. Penyerapan nutrisi yang optimal

Serat membantu penyerapan nutrisi yang berasal dari makanan yang diasup oleh si Kecil. Protein berperan sebagai zat pertumbuhan. Jika nutrisi protein terserap sempurna, tentu akan sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan optimal si Kecil.

3. Melancarkan pencernaan

Nah, Defai pernah nih mengalami sulit BAB. Kasihan banget. Kalau BAB sampai nangis-nangis :( Bahkan, pernah juga, meski sudah sakit perut Defai seperti ketakutan untuk masuk ke kamar mandi. Dia takut pada sakitnya BAB huhuhu … Aku pun jadi sedih dan bingung menghadapinya.

Nah, setelah aku cermati, saat itu Defai memang sedang kekurangan asupan serat. Serat berfungsi mengikat air, sehingga kandungan air dalam usus terjaga. Feses akan lebih lunak, Sebagai hasilnya usus lebih mudah mengeluarkan feses dan BAB lancar.

4. Memberikan perlindungan alami terhadap penyakit

Tentunya jika semua gizi makanan terserap dengan baik – dengan dibantu oleh serat – maka daya tahan tubuh anak akan lebih baik dalam menghadapi berbagai serangan penyakit dari dalam dan luar. Vitamin berfungsi untuk meningkatkan daya tahian tubuh. Anak akan lebih sehat dan ceria menghadapi hari-harinya.

5. Tumbuh kembang optimal

Ada milestone-milestone tumbuh kembang yang harus dilalui oleh semua anak yang sehat, sesuai dengan perkembangan usianya. Seperti kapan dia merangkak, kapan dia mulai berdiri dan melompat. Nah, itu semua tentu ingin kita capai dengan baik. Syaratnya ya itu tadi, anak harus sehat.

6. Cepat tanggap

Vitamin, asam folat dan mineral-mineral hanyalah sebagian dari nutrisi yang berperan penting meningkatkan kecerdasan otak. Perut yang sehat akan mampu mencerna semua nutrisi ini, membuat akal anak mampu berproses cepat terhadap stimulasi yang diberikan. Ini tentu menjadi harapan semua orang tua.

7. Memberikan suasana hati yang menyenangkan

Perut yang tenang menjadikan anak senang. Tentu saja, siapa juga yang akan tenang jika perut kembung, mual dan muntah. Serat berperan penting menjaga kesehatan perut yang pada akhirnya akan membuat suasana hati anak nyaman dan senang.


Dari uraian di atas, terlihat kan betapa pentingnya asupan serat bagi si Kecil. Karena itu, aku sangat berusaha agar Defai mendapatkan asupan serat yang cukup setiap harinya. Alhamdulillah, kini ada Bebelac Gold dengan yang Tinggi Serat lho, Moms. 7 kehebatan perut tadi akan lebih mudah didapat!

Defai suka sekali main bola dan balok!
Salah satu cara untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak adalah dengan bermain. Bagi anak, bermain itu salah satu jalan untuk belajar lho! Nah, agar anak tenang bermain, perutnya harus sehat. Iya dong, masa saat enak-enak bermain, terus anak rewel karena perut bermasalah. Ih, enggak seru banget ya!

Acara bermain bersama anak jadi lebih menyenangkan jika perut si Kecil tenang!
Defai sangat suka bermain bola dan balok. Dia sudah sangat pintar menyusun balok! Permainan dengan balok ini sangat baik untuk melatih motorik kasar dan fokus, sehingga membantu pencapaian tumbuh kembang optimalnya. Ayo, Moms! Ikut cobain Bebelac Gold dan share ke aku ya manfaat yang si Kecil dapatkan!

No comments:

Post a Comment