Thursday, November 22, 2018

What's in A (Blog) Name?


Kalau kata Shakespeare: what's in a name? That which we call a rose, by any other name would smell as sweet. 

Katanya, tahap tersulit untuk mulai membuat blog adalah ... memulainya! Hehehe. Sudah punya niat? Baguusss. Lanjuut....

Berikutnya apa? Yes, menentukan niche blog. Sudah keburu pusing di bagian ini? Eh jangan salah, masih ada langkah selanjutnya yang bakal bikin pusing juga, hehehe.

Apa itu? Menamai blog.

Yah, hampir sama seperti menamai anak sendiri, bingung pilih-pilih nama apa yang terbaik dan mudah diingat, sekaligus catchy di telinga dan pikiran target pembaca blog kita.

Ada beberapa tips cara menentukan nama blog, di antaranya adalah:

  1. Tanyakan pada diri sendiri, blog kita akan bercerita tentang apa? Misalnya tentang makanan karena kita adalah food blogger. Mungkin kita bisa kasih nama 'Heaven's Kitchen'? Atau tentang tempat-tempat menarik karena kalian adalah travel blogger? Bisa kok menamakan blog kalian dengan nama 'Heavens on Earth'. Lho, kok pakai 'Heaven' semua sih? Yah, itu sih suka-suka kalian nantinya. 
  2. Cari ide dari mana saja. Bisa dari kamus, tesaurus, buku favorit ... eh, bahkan bisa dari blog sejenis yang suka kalian kunjungi. Tapi ingat ya, blog orang lain hanya untuk mencari ide, jangan sampai dicontek plek plek. Be creative!
  3. Biar gaya, coba deh pakai bahasa asing, misalnya pakai suatu kata atau kalimat bahasa Prancis atau Italia. Terdengar seksih? Catchy? Bisa jadi! Tapi pastikan kalian tahu arti dan konteks yang melingkupi kata atau kalimat itu ya? Jangan sampai blog kalian jadi bahan tertawaan karena nama blog yang terdengar keren padahal artinya norak hihihi ...
  4. Di zaman serba mudah seperti sekarang ini, ada banyak alat bantu untuk hampir semua hal! Bahkan untuk hal seperti mencari nama blog. Ada alat bantu Wordoid.com atau Namemesh dan Panabee. Gimana cara pakainya? Ya googling dong, Cuy, ah. Masa semua musti dikasih tau sih? :)
  5. Last but not least, gunakanlah nama kalian sendiri. Nah, kalau kalian udah nyari ide untuk nama blog kalian selama tujuh hari tujuh malam tanpa hasil, keluar masuk gua untuk mendapatkan wangsit tetapi Mas Wangsit tetap tak mau mendekat, apa daya atuh ... pakai saja nama kalian. Berbanggalah dengan nama kalian. Lagipula, menggunakan nama sendiri untuk nama blog, bisa memperkuat branding juga lho. Orang akan lebih mudah pula mengaitkan diri dan blog kita.
Nah, sekarang kalian tau kan, kenapa blog aku namanya www.astridprasetya.com? Hihihi.


Oh, ya, setelah kalian mendapatkan satu atau beberapa calon nama yang cetar membahana, jangan lupa dicatat, ya. Sayang kan, ide cemerlang itu hilang hanya karena orang di samping kalian bersin kenceng banget.

Jangan lupa juga, cek calon nama itu di Mas Google. Kali aja nama cetar membahana itu sudah ada yang pakai, hihihi.

Kalian, masih pusing mikirin nama blog? Jangan lama-lama pusingnya yah. Nanti enggak jadi-jadi nulis blognya :)


No comments:

Post a Comment