Tuesday, November 20, 2018

My Blog, My Escape - Kenapa Aku Ngeblog?

My Blog, My Escape - Kenapa Aku Ngeblog?

Kalau dulu ditanya kenapa aku menulis di blog ... kayanya bakal lamaaa mikirin jawabannya. Apa sekarang sudah tidak lama lagi berpikirnya? Yups, masa sih setelah kurang lebih lima tahun menulis blog, masih mikir kenapa-kenapanya? Ckckck ...

Jadi, kenapa aku menulis blog? Bukan hanya karena satu alasan, dan berikut ini adalah beberapa alasannya dalam urutan yang disusun berdasarkan prioritas.


1. Karena aku suka menulis

Yes, aku suka menulis. Rasanya menyenangkan bermain dengan kata-kata, meski kosa kataku itu-itu saja. Awalnya pasti karena aku suka membaca, lalu dengan sotoynya berpikir bahwa 'Ah, aku juga bisa kok menulis seperti itu doank, mah!' hehehe. Dan ternyata setelah dilakukan, eh ternyata hasilnya jauh sekali, wkwkwk. Tetapi aku kadung suka menulis. Kalau ditelusuri lagi kenapa aku suka menulis? Jawabannya ada di poin-poin berikutnya :)


2. Blog untuk berbagi manfaat



Jujur saja, dulu awalnya aku merasa gamang menuliskan alasan yang ini. Rasanya sangat idealis. Namun, lama kelamaan, aku memang menanamkan dalam hati dan pikiran bahwa apa yang kutulis haruslah memberi manfaat, jika bukan untuk orang lain maka untukku sendiri saja pun tidak apa-apa. 
Aku berharap, seiring berjalannya waktu, orang yang mampir ke 'rumahku' ini bisa mendapatkan informasi, data atau mungkin ... teman senasib? Who knows :)


3. Blog sebagai tempat pelarian

Hihihi ... lari kok ke blog ya? Ya ini dulu sih. Aku kan sudah berkecimpung di dunia kepenulisan sejak sekitar tahun 2013 sebagai penerjemah. Yang paling kuinginkan adalah mendapatkan order terjemahan buku cerita anak, karena itu adalah genre favoritku. Sayang bukan kepalang, sampai saat ini belum pernah kesampaian. Aku harus puas dengan terjemahan dokumen dengan kata-katanya yang baku dan kaku. Kupikir dulu, menulis di blog dapat membebaskanku untuk menulis 'semau gue', tidak terikat aturan seperti halnya terjemahan.

Ternyata aku salah dong. Tetap ada aturan yang harus dipatuhi, terutama jika kita ingin mempertahankan poin nomor 2 di atas.


4. Blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Nah, ini yang paling asyik, nih, hehehe. Siapa juga yang enggak mau mendapatkan penghasilan tambahan dari 'nulis doank' :) Aku sih jelas mau! Memang dengan cara apa kita bisa diuntungkan secara finansial lewat blog? Salah satunya ya lewat lomba, kalau menaaang hehehe ... Dan kalau kita rajin update blog secara berkualitas, job akan datang dengan sendirinya. Enggak percaya? Coba aja deh :)


5. Blog mempertemukanku dengan orang-orang baru

 Yes, blog mempertemukanku dengan orang-orang yang sehobi, baik dari komunitas maupun agency. Secara otomatis, ada ilmu baru yang terus kuterima, mengenai blogging itu sendiri juga tentang hubungan pertemanan. Apakah hubungan ini selalu berjalan baik? Belum tentu, tetapi pastinya memberi warna tersendiri pada wawasanku.

Jadiiii ... itu adalah lima alasan kenapa aku ngeblog. Kalau kamu?

No comments:

Post a Comment