Thursday, June 28, 2018

Atur Sendiri Paket Liburan Lebih Mudah dan Murah


Atur Sendiri Paket Liburan Lebih Mudah dan Murah -- Anak-anakku belum pernah naik pesawat dan kapal laut. Kadang kalau suami tugas ke luar kota yang membutuhkan transportasi udara atau laut, anak-anak masih suka merajuk dan minta ikut, meskipun tidak sesering dulu. Jadi kepikiran kan untuk sesekali mengajak anak-anak liburan dengan naik pesawat dan kapal laut. Nah, waktu libur setelah Idulfitri cukup panjang, masih ada empat minggu tersisa lho sampai mereka kembali masuk sekolah. Waktu yang ideal untuk mengajak anak-anak liburan yang agak jauh hihihi ... .

Anak-anakku suka pantai dan laut. Sampai saat ini, liburan terjauh mereka adalah ke Anyer. Aku ingin mengajak mereka bertualang ke tempat-tempat yang lebih jauh, lebih menarik.

Aku juga ingin mengajak mamaku untuk ikut liburan kali ini. Anak-anakku dengan dengan neneknya. Mama suka sekali jalan-jalan, dan aku yakin Mama akan suka perjalanan naik pesawat dan kapal laut. Mamaku berjiwa petualang juga lho. Aku hanya harus memastikan bahwa Mama merasa nyaman dengan transportasi dan akomodasi yang akan kami gunakan nanti.


Hmmm ... waktunya kapan ya?

Karena anak-anak masuk sekolah tanggal 16 Juli, aku pikir akan aman kalau aku coba cari tanggal liburan untuk seminggu sebelumnya saja, jadi sepulang liburan masih akan ada waktu untuk beristirahat di rumah dulu. Aku memilih tanggal 4 Juli untuk tanggal keberangkatan dan tanggal 8 pagi untuk pulang kembali. Dan tujuan wisata jatuh ke ke Karimunjawa.

Kenapa Karimunjawa?

Karena banyaknya foto-foto indah tentang Karimunjawa yang berseliweran di IG. Karimunjawa adalah gugusan pulau-pulau di sebelah utara Pulau Jawa dengan panorama yang sangat ciamik, baik di bagian atasnya maupun di bawah laut.

Karimunjawa masuk ke wilayah Kabupaten Jepara, di Jawa Tengah yang terdiri dari 27 pulau yang 22 di antaranya tidak berpenghuni. Asyiknya lagi, jarak antara satu pulau ke pulau lainnya tidak terlalu jauh, bisa dijalani dengan kapal kecil atau feri yang banyak disewakan di sana.

Jadi, untukku Karimunjawa adalah pilihan tepat karena untuk pergi ke bandara udara terdekatnya yaitu Bandara Udara Achmad Yani, kita akan naik pesawat. Lalu untuk mencapai ke pulau-pulaunya, kita akan naik kapal laut, lengkap bukan?

Ada apa sih di Karimunjawa?

Ada banyak tujuan wisata cantik di sini. Yang pertama mungkin adalah Pulau Geleang yang berpantai landai. Mau jalan-jalan romantis sambil berpegangan tangan dengan suami, atau ikut bermain pasir dan bola voli pantai dengan anak-anak, boleh banget! Mama juga bisa duduk-duduk bersantai di pasirnya yang halus, menikmati pemandangan indah di depan mata.

Pulau Geleang
Di Karimunjawa juga ada wisata yang menantang adrenalin! Ya, buat yang suka ketegangan, bisa mencoba berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar. Duh, ngga kebayang tuh ya bagaimana deg-degannya ... . Ngeri-ngeri sedap gitu deh! Tapi sebenarnya tidak perlu khawatir, karena hiu-hiu ini ditangkar dan jinak semuanya. Aku mau deh ah coba berenang dengan hiu.

Pulau Menjangan Besar
Sering melihat postingan IG orang yang berpose berdiri di atas jembatan kayu, dengan hutan bakau di kiri kanannya? Keren banget kan? Nah, kita juga bisa lho seperti mereka, kalau liburan ke Karimunjawa dan mampir ke Hutan Bakau di Pulau Kemujan. Ada hutan bakau luas yang cucok banget buat ajang narsis hihihi ... . Aku pikir udara di sini juga pasti sangat segar. Mama pasti suka!

Pulau Kemujan
Masih ada banyak lagi titik-titik wisata yang patut disambangi di Karimunjawa, membuat kami yakin untuk berlibur ke sini. Setelah itu, yang jadi perhatian adalah bagaimana caranya pergi ke sana, berapa lama di sana, menginap di mana dan menghitung bayar berapa untuk itu semua hahaha ... .

Bagaimana caranya pergi ke Karimunjawa?

Sebagai emak yang hemat tapi pengen jalan-jalan nyaman, hal pertama yang dilakukan setelah menetapkan destinasi adalah hunting tiket pesawat dan hotel dong. Dan tahukah kalian, acara berburu ini bisa makan waktu banget lho. Membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai, atau dari satu agen perjalanan ke agen yang lain secara langsung wehhh ... sudah merupakan drama tersendiri deh. Aku kan ibu rumah tangga yang sibuk :) Duh, sungguh membanding-bandingkan biaya begini memang wajib dilakukan kalau mau bayar minimal untuk dapat maksimal, tapiiii ... melelehkan, eh melelahkaaaan!

Adanya website maskapai dan travel online memang cukup membantu, jadi kita punya banyak pilihan. Tapi setelah diceki-ceki di mana-mana, kebanyakan cara pemesanan tiket dan hotel yang ada sekarang ini harus dilakukan terpisah. Duuh, jadi harus cari sendiri-sendiri ... lamaaaa ... .

Dan ternyata, setelah tersesat cukup lama di belantara situs-situs maskapai dan travel, aku menemukan paket wisata dari Traveloka di sini.

Hmmm, jujur aja ya, sebenarnya Traveloka itu memang selalu jadi situs acuan idola untuk kegiatan travelku. Yang lain? Umm, untuk formalitas saja hihihi ... untuk memenuhi syarat bahwa aku sudah benar-benar melihat situs travel lain dan membandingkan harga.




Gampang sekali ih cara mencari paket yang paling cocok dengan kita. Tinggal klik aja Search Package dan akan langsung terjembreng daftar paket yang bisa kita pilih. 

Dan ternyata eh ternyata, paket wisata Traveloka ini sudah mencakup pemesahan tiket pesawat dan booking hotel lho! Malah nih, ya, paket pesawat+hotel secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apa pun. Waw. Bikin penasaran kan!

Nih contoh paket pesawat+hotel yang ditawarkan:


Aku memilih Lodie Apartement Simpang Lima Semarang, lalu meng-klik Select. Aku pesan 3 kamar ah, satu untuk aku dan suami. Satu untuk Faza dan Izzan dan satu lagi untuk Mama, supaya Mama bisa beristirahat dengan nyaman dan tenang, tidak terganggu oleh anak-anakku yang suka super excited kalau liburan.



Tentu saja aku melihat-lihat detail hotel yang akan kami inapi. Aku harus memastikan kenyamanan akomodasi kami. Lodie Apartment tampaknya tidak masalah.

Di bawah ini adalah total harga paket yang aku pilih. Lihat deh pengurangan biaya-nya, dari Rp10.559.300,00 sampai Rp7959.300,00! Keren banget ya! Penting banget ini nih, harga paket yang lebih murah dibanding dengan memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Lumayan banget lho selisihnya. Bisa dipakai untuk beli oleh-oleh untuk keluarga di Bogor tuh.


Produk paket tiket pesawat+hotel ini mudah sekali digunakan ya. Semua pilihan diberikan di depan mata. Tidak perlu lagi ribet pesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah, yang intinya berarti mudah dan saving time banget! 

Bayarnya juga gampang. Klik saja Continue to Booking, isi data-data yang diperlukan, lalu pilih salah satu dari berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih. Aku sih tampaknya bakal pilih yang paling praktis, yaitu lewat internet banking saja. 

Lodie Apartment ini terletak di Simpang Lima Semarang. Berjarak sekitar 15 menit perjalanan ke Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, tempat kami bisa menyeberang ke Karimunjawa. Dekat sekali ya. Dari Tanjung Emas, kami bisa naik kapal laut atau kapal cepat ke Karimunjawa. 

Selama di Simpang Lima, kami juga bisa punya kesempatan untuk jalan-jalan menikmati kuliner khas Semarang atau mengunjungi tempat-tempat wisata di sini. Serasa sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, uhuy!

Hmm ... jadi tambah semangat nih menghitung hari menjelang waktunya liburan. Pasti anak-anak dan mamaku senang banget! Aku juga senang melewatkan liburan yang berkesan dengan anggota keluarga, dan suamiku juga senang karena istrinya pintar cari paket liburan hemat hehehe ... .

Teman-teman yang mau liburan juga, yuk cobain paket tiket pesawat+hotel dari Traveloka. Kalian akan mendapati banyak kemudahan dalam memilih paket dan menghemat waktu yang berharga. Paket ini juga lebih murah dari pesan terpisah! Cara bayarnya juga gampang! 

Yuk, rencanakan liburan! 


9 comments:

  1. Aku juga selalu ngandelin traveloka buat pesen tiket pesawat dan hotel :D

    ReplyDelete
  2. Sebagai orang yg rutin traveling, andalanku cuma traveloka kalo jalan2 :p. Dan samaa mba, walopun aku ada buka OTA yg lain, tp mereka seperti syarat doang sih aku compare harga :p. Krn ttp aja lbh murah traveloka kalo urusan hotel dan pesawat :p. Apalagi ada poinnyaaa.. Aku udh berkali2 redeem poin traveloka utk pembelian berikut2nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, ada poin itu juga yang bikin demen untuk selalu pakai traveloka

      Delete
  3. pingin juga ke sana tapi takut ay nyebrangnya soalnya temanku pernah gak bis a pulang krn ombaknya besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang kalau mau menyeberang ke pulau baiknya menyesuaikan dengan situasi iklim, Mba. Kalau pas ombak besar seram juga ya

      Delete
  4. wii aku mauu dongg ke karimun jawa

    ReplyDelete
  5. Pengennnnn ke Karimun jawa Trid

    ReplyDelete