Thursday, November 23, 2017

Jangan Marah Saat Anak Berbohong


Jangan marah saat anak berbohong - "Kenapa Aa bohong sama Bunda?" aku berusaha keras tetap merendahkan suara agar terdengar tenang.
"Soalnya aku takut Bunda marah..." ucap anakku pelan.

'Jika anakmu berbohong, itu karena kau menghukumnya terlalu berat...'

Tiba-tiba saja kata-kata itu terlintas di depan mata. Nasihat manis yang acap kali kuhapus begitu saja karena sudah terlalu sering berseliweran di grup whatsapp atau FB.

Untaian nasihat itu masih diikuti oleh kalimat-kalimat lain seperti 'Jika anakmu tidak percaya diri, itu karena kau tidak memberinya semangat. Jika anakmu kurang berbicara, itu karena kau tidak mengajaknya bicara.', dan seterusnya dan seterusnya. Intinya adalah, semua yang dilakukan oleh anak kita, adalah hasil dari apa yang kita lakukan pada anak kita.

Wednesday, November 22, 2017

Membaca Ulang 'Peter Pan'

Membaca ulang 'Peter Pan' - Aku adalah penggemar berat dongeng klasik sepanjang masa, khususnya cerita anak-anak. Peter Pan salah satunya.

Saat aku mendapat tugas memilih empat buku favorit untuk dituliskan kembali kesanku tentang buku-buku tersebut, aku memilih salah satunya adalah Peter Pan.

Membaca ulang untuk menuliskan kembali kesan tentang suatu buku, memang berbeda ya dengan sekadar membaca saja. Yang pertama membuat aku membaca dengan lebih perlahan, lebih menghayati cerita yang kubaca dan lebih memusatkan fokus dan panca indera untuk mendapatkan kesan yang lebih mendalam. Padahal bisa dibilang, aku sudah hapal luar kepala cerita Peter Pan.

Monday, November 20, 2017

Tetangga Oh Tetangga : Serba-serbi Bertetangga

            


"Mudah-mudahan kamu dapat tetangga yang baik.. aamiin" suara Mama agak keras saat mengamini doanya sendiri. Aku mengangguk-angguk sambil terus melipat baju-baju.

"Nah, kalau tetangga yang nyebelin, adduuuhhh... mudah-mudahan kamu ngga dapet yang kaya gini dehh.. Aamiinn!" Amin-nya yang ini lebih keras dan sepenuh perasaan. Aku sampai terkikik. Mama mendelik.

"Lah iya, beneran ini. Tetangga tuh bakal ada selamanya lho di sekitar kita. Kamu ngga ada rencana pindah-pindah rumah kan? Itu rumah insyaaAllah bakal untuk selamanya kan? Nah, tetangga kamu juga gitu. Kebayang kan kalau sebelahan sama tetangga yang nyebelin, seumur hidup! Yang suka ngomongin, yang judes, atau berantakan, ngga toleran.." Mama sekarang membantu aku memasukkan buku-buku ke dalam dus.

Saturday, November 18, 2017

Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak di Rumah


Mengajarkan bahasa Inggris kepada anak di rumah - Jadi ibu irit bin hemat itu ada banyak caranya. Salah satunya adalah dengan mengajarkan sendiri bahasa Inggris kepada anak di rumah. Kenapa bisa hemat? Ya iyalah... jadi bisa menghemat uang les kan? Les bahasa itu sekarang berjute-jute lho... apalagi kalau masuknya dari prebasic... duhh! Belajar di rumah kan jelas free of charge. Ada bonus lagi, yaitu bebas ongkir eh... ongkos jalan ke tempat les, bebas kehujanan, free access to the refrigerator (kaya kulkas isinya banyak aja...) gampang kalau mau ke kamar mandi, tersedia bantal dan guling, jam belajar bebasss setiap saat mau kapan aja terserah tutornya (asal Defai udah bobo atau lagi anteng).

Kenapa sih juga harus sampai les? Emang ngga cukup dengan belajar di sekolah?
Emmm... emaknya yang selalu dapat 9 di raport sekolah dari SMP sampai kuliah ini aja masih perlu les lho untuk bisa 'cuma' sampe kaya gini. To be honest, school time is not enough. Itu kalau aku pengin anakku fluent ya. Ya.... minimal lancar lah menulis dan bicara bahasa Inggris.

Wednesday, November 1, 2017

Enye-enye Nur Rahma, Makanan Ringan Khas Sukabumi


Enye-enye Nur Rahma, Makanan Ringan Khas Sukabumi  -  Pengemasan yang cantik adalah salah satu trik yang dapat digunakan untuk mengangkat nilai suatu produk. Itu kesan pertama yang aku tangkap saat aku memandang kemasan enye-enye Nur Rahmah ini. Trik lainnya adalah, angkatlah produk lokal. Bagi konsumen lokal, penggalakan prinsip 'Cintai produk Indonesia' membuat konsumsi produk lokal menjadi suatu tren yang kekinian dan keren. Bagi konsumen luar negeri, produk lokal pastinya memberi kesan eksotis yang selalu menimbulkan ketertarikan dan rasa ingin tahu.

Thursday, October 26, 2017

Baby Walker Assist Tool Dialogue - Alat Bantu Jalan Bayi yang Nyaman dan Aman


Tumbuh kembang anak adalah sesuatu yang sangat berharga untuk disaksikan setiap ibu. Melihat sang buah hati mengulurkan tangan, menegakkan kepala, mengoceh dengan bahasa bayinya yang lucu, melihat gigi-gigi kecilnya yang super imut mulai tumbuh, membuat hidup sebagai ibu serasa lengkap.

Ada banyak milestone perkembangan tumbuh kembang bayi, semuanya menakjubkan. Semuanya seperti sesuatu yang baru. Bahkan tumbuh kembang kakak adik pun tidak bisa disamakan. Untukku, milestone Defai yang paling mendebarkan adalah saat dia mulai belajar berjalan.

Sunday, October 22, 2017

Tips mengatasi morning bad mood dan memulai hari dengan bahagia


Pernah dong mengalami bad mood ya, gaes? Bahkan dari awal hari, saat bangun pagi, rasanya hati ini udah ngga bener posisinya. Seperti ada yang salah. Langsung pengin uring-uringan saja. Dan biasanya rasa seperti ini, kalau tidak segera dikelola dengan baik akan berlanjut terus dan terus dan terus...

Kalau kita hidup seorang diri, mau bad mood terus-terusan juga mungkin ngga apa-apa. Hanya diri sendiri yang merasa. Tetapi manusia adalah makhluk sosial yang berinteraksi dengan manusia lainnya. Di rumah ada orangtua, suami, anak atau saudara-saudara lain yang kita jumpai setiap hari. Di kantor ada teman dan rekan kerja juga bos. Di sekolah ada teman main dan guru-guru. Kalau bete ini dibawa-bawa terus ke mana-mana, wah bisa berimbas meluas. Teman-teman terdekat kita, mungkin akan mencoba paham saat kita jutek dan judes. Orang yang tidak mau mengerti, sibuk dan masih menuntut kita untuk tetap menunjukkan performa yang baik, bisa jadi ikutan bete melihat bad mood kita ini. Atau, kita yang uring-uringan ketemu sama rekan yang sedang bete juga, wah... lebih baik ngga usah ketemu deh.