Thursday, December 7, 2023

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) Laptop untuk Pelajar



Jadi, suatu hari anakku yang kelas X SMAKBo tiba-tiba menghampiri.

“Bun, mau dong dibeliin laptop buat ngerjain tugas sekolah.”

Aku mengangguk-angguk. Paham sih, kalau tugas sekolah dia memang banyak. Dia hampir setiap malam begadang mengerjakan peer dan laporan, bahkan sering kudengar dia koordinasi kerja kelompok via WA. Punya laptop akan meringankan bebannya.

Masalahnya, laptop apa yang cocok untuknya?

Alhamdulillah, masalah ini dengan cepat menemukan solusinya.

Pada Sabtu, 2 Desember 2023, aku mendapat undangan dari Mbak Evrina untuk menghadiri Micro Gathering Blogger Bogor. Kami akan meliput dua laptop andalan ASUS, yaitu ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dan ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402). Wah, bener-bener pucuk dicinta ulam tiba, ini sih namanya. Karena ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini digadang-gadang sebagai #LaptopuntukPelajar. Aku berkesempatan untuk melihat dan membuktikan secara langsung.

Micro Gathring Blogger Bogor di Enthree Coffee, 2 Des 2023.
Foto: dokumen pribadi.

Laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F).
Foto: dokumen pribadi.

Keunggulan-keunggulan laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)

Harga yang Mencengangkan

Naah, ini dia poin terpenting yang harus dipertimbangkan saat mencari laptop. Tahukah teman-teman, berapa harga laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)?

Laptop ini dibanderol dengan harga mulai Rp6.299.000!

Sungguh, dari ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) kita sebenarnya mendapatkan lebih banyak dibanding laptop-laptop lain dengan harga 6 jutaan.

Eits … tapi sabar dulu. Memangnya apa lagi keunggulan ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)?

Dilengkapi Windows 11 Home dan Genuine Microsoft Office 2021

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu kita menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan kita mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik kita. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kita sepanjang hari.

Dilengkapi Office Pre-Installed 

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021.

Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan kita untuk selalu memiliki akses ke fitur yang kita kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data kita.

Aku tahu tiada malam terlewat tanpa anakku mengerjakan tugas. Nah, laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) akan sangat membantunya karena sudah dilengkapi dengan operating systems Windows 11 Home yang pastinya user friendly.

Laptop ini juga sudah sepaket lengkap dengan genuine Microsoft Office 2021. Itu artinya, saat mendapatkan laptop ini, anakku sudah terima beres alias tinggal pakai saja semua aplikasi seperti Word, Excel, dan Powerpoint. Tidak perlu membeli lisensi secara terpisah dan menginstalnya dulu. 

Beragam fitur laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F)
Foto: dokumen pribadi.
Portable, connectible, and comfortable

Jadi nih ya, kalau lihat anakku setiap pagi saat berangkat sekolah, aku tuh merasa agak khawatir gimanaa gitu melihat dia menghela ranselnya yang penuh dan kelihatan berat, lalu mengangkatnya ke bahu. Buku paketnya besar-besar dan tebal, belum lagi buku tulis yang banyak. Ditambah perlengkapan tempur kalau dia kena giliran masuk laboratorium. Wuah, tasnya tambah menggembung aja deh!

Makanya, laptop untuk dia harus yang tipis dan ringan. Nah, laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini cocok banget dengan kebutuhan itu!

Laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini dimensinya ramping dan ringan. Ketebalan bodinya hanya 17,9mm dan bobot sekitar 1,3kg, Laptop ini akan dengan mudah masuk ke ransel dan dibawa ke sekolah, perpustakaan atau ke rumah teman untuk kerja kelompok.

Yang namanya mencari data atau kerja kelompok, akan ada kemungkinan data tugas tersebar di beberapa gawai. Untuk mengatasi ini, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan berbagai port di sebelah kiri kanan bodi. Koneksi jadi lebih mudah. Port yang tersedia mencakup USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio.

Laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) juga nyaman saat dipakai mengetik berkat fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard yang dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Fitur ini tentunya penting untuk pelajar macam anakku yang perlu banyak mengetik. Menariknya lagi, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menyediakan backlit keyboard, alias ada penerangan di balik keyboard. Ini menjadi nilai lebih laptop ini dibanding laptop-laptop lain di kelasnya. Backlit ini sangat berguna saat anak terpaksa mengetik di tempat berpenerangan redup. Namun, tetap harus diingat yaa, bahwa mengetik sebaiknya dilakukan di tempat berpenerangan cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Fitur backlit keyboard
Foto: dokumen pribadi.

Omong-omong tentang kesehatan mata, jadi nyambung dengan fitur lain dari laptop ini, yang ada kaitannya dengan kemampuan layarnya yang OK banget.

Layar Full HD dengan Fitur low blue-light

Salah satu fitur yang membuat Asus Vivobook Go 14 (E1404F) menonjol dibanding laptop-laptop kompetitor di kelasnya adalah layar Full HD dengan tingkat kecerahan 250 nits. Banyak laptop di segmen harga yang sama hanya menawarkan layar dengan resolusi HD. Ini tentu saja tidak sebanding dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar. Jikapun menggunakan layar Full HD, tingkat kecerahan laptop kompetitor tidak bisa terlalu tinggi.

Lain halnya dengan Asus Vivobook Go 14 (E1404F). Layar Full HD-nya akan memberikan tampilan visual yang lebih detil dan imersif, sangat membantu baik dalam kegiatan produktivitas maupun hiburan. ASUS benar-benar berusaha memastikan bahwa pengguna mendapatkan kualitas visual terbaik dalam segala keadaan.

Nah, berkaitan dengan kesehatan mata yang tadi sudah disebut-sebut, layar ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini akan meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. 

Layar Full HD dengan tingkat kecerahan 250 nits.
Foto: dokumen pribadi.

Desain layar laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga dibuat dengan NanoEdge Bezel, sehingga layar tampil sangat tipis, dan tampilan secara keseluruhan menjadi lebih modern dan elegan.

Laptop ini juga menggunakan engsel atau hinge yang bisa dibuka hingga 180o. Dengan bukaan selebar itu, akan sangat membantu saat anakku kerja kelompok dengan teman-temannya, memudahkannya berbagi ide dan berdiskusi. Engsel yang mampu dibuka hingga 180o juga menandakan bahwa engsel laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) memiliki kualitas yang lebih baik dibanding engsel biasa.

Laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) tangguh, kokoh, dan aman

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) adalah laptop dengan military grade, artinya laptop ini telah memenuhi standar kualifikasi ketahanan militer AS. Hal ini dibuktikan dengan dikantonginya sertifikat MIL-STD-810H. Sertifikasi ini memiliki kriteria dan prosedur pengujian ketat yang harus dilalui sebuah perangkat. ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) telah berhasil melewati 26 prosedur pengujian ketat yang mencakup variabel seperti tekanan, temperatur, kelembaban, dan ketahanan terhadap benturan. Hasilnya menunjukkan bahwa ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dirancang untuk bisa bertahan dalam berbagai kondisi.

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) juga sangat memperhatikan keamanan penggunanya. Laptop ini menyediakan webcam shield fisik di bagian atas layar, yang dapat digeser oleh jari pengguna. Kamera webcam akan dengan mudah membuka dan menutup. Saat kamera ditutup, tidak akan ada hacker yang bisa mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Adanya pelindung privasi yang mudah dioperasikan dengan hanya digeser oleh jari ini juga memudahkan siapa pun pengguna laptop untuk tidak mengaktifkan kamera saat meeting online.

Tidak cukup dengan itu, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) juga menyediakan fitur keamanan lain. Yes, itu adalah fitur fingerprint sensor. Fitur ini terletak di area touchscreen. Fingerprint sensor yang umumnya hanya tersedia pada laptop mid-high, berfungsi untuk menjaga keamanan data dan juga kemudahan login ke Windows 11.

Laptop Bertenaga Hardware Generasi Terbaru

Bagaimana kita bisa tahu kapasitas laptop yang kita incar? Tentunya dari hardware-nya.

Anakku pastinya perlu laptop yang handal dan cepat. Nah, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) dengan prosesor AMD Ryzen™ 7000 U-Series terbaru sehingga pastinya memiliki kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik.

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) juga memiliki memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 16GB. Memori jenis ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkandengan generasi sebelumnya dan lebih hemat energi, yang artinya baterai akan bisa bertahan lebih lama.

Kalau emak-emak terkenal multitasking, laptop juga diharapkan segala bisa … ha ha ha. Apa artinya multitasking pada laptop? Artinya dia bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan, apalagi sampai nge-hang … iyyuuuhhh.

Bagaimana dengan kemampuan ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) untuk menyimpan data? Pastinya tidak diragukan lagi. Laptop ini dilengkapi dengan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB yang menawarkan kecepatan akses data sangat cepat dibandingkan dengan SSD SATA atau HDD tradisional. NVMe PCIe SSD membuat waktu boot lebih singkat, akses file lebih cepat, dan penggunaan yang lebih responsif.

Nyaman mengerjakan tugas dengan ASUS Vivobook G0 14 (E1404F).
Foto: dokumen pribadi.

Dengan segala pembahasan di atas, memang pantas ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyandang gelar #LaptopuntukPelajar. Semakin mantap hatiku memutuskan bahwa laptop inilah yang cocok untuk anakku, sang pelajar sibuk. 




No comments:

Post a Comment