Sunday, December 18, 2022

Navya Arma Bus Otomatis Pertama Ada di BSD City

 

Navya Amra Bus Otomatis Pertama di Indonesia

Navya Arma, Bus Otomatis Pertama Ada di BSD City

Jika Teman-teman ke BSD Green Office Park hari-hari ini, kalian akan melihat kendaraan eye-catching berwarna biru sedang lalu lalang di jalan-jalan kawasan itu. Yes, itu adalah Navya Arma, autonomous vehicle (AV) atau bus otomatis pertama yang ada di Indonesia.

Bentuk Navya Arma yang lucu nan imut mungkin membuatmu tersenyum, tapi jangan salah… AV ini baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua, loh, sebagai official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan pada tanggal 11-16 November 2022.


Navya Arma Bus Otomatis Pertama di Indonesia
Tampilan Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia yang kini hadir di BSD City

Sebagaimana kita tahu, Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Sebanyak 17 Kepala Negara/Pemerintahan hadir di forum bergengsi ini. Menteri Lingkungan Hidup Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc. menyatakan bahwa KTT G20 menjadi katalis global pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yang sebelumnya telah ditetapkan di Sidang Umum PBBB pada September 2015.

Baca juga: https://www.astridprasetya.com/2020/08/Adopsi-hutan-untuk-lestarikan-hutan.html

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke begerasi berikutnya.

Ada 17 komitmen global dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Salah satunya adalah konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab. Kehadiran Navya Arma merupakan perwujudan komitmen Sinar Mas Land untuk berkontribusi dalam tujuan global yang mulia ini.

Keren, kan? Memangnya, apa saja sih, keistimewaan kendaraan ini?

Baca juga: https://www.sinarmasland.com/news/sinar-mas-land-hadirkan-kendaraan-listrik-otonom-di-g20-summit/

Kecanggihan Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Indonesia

1. Bertenaga listrik

Penggerak Navya Arma adalah tenaga listrik dan battery pack berkapasitas 33kWh. Dengan daya sebesar itu, kendaraan listrik ini mampu bertahan selama sembilan jam.

2. Dilengkapi beragam sensor

Kendaraan yang disebut juga dengan nama Navya Autonom Shuttle ini dilengkapi beragam sensor, mulai dari GNSS (Global Navigation Satellite Systems) dan LIDAR (Light Radar). Sensor-sensor ini digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk menjalankan big data analysis.

3. Moda berkendara yang aman

Data yang didapat dari beragam sensor tadi kemudian akan diproses oleh komputer berspesifikasi tinggi yang tertanam di dalam Navya. Dengan alat-alat yang canggih ini, bus ini dapat mengindera, mencari, dan melakukan penggolongan halangan di sekitarnya secara real-time atau di waktu yang sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan kendaraan yang optimal. Ini mencakup kemampuan Navya untuk mengendalikan akselerasi, kemudi dan pengereman secara otomatis.

Karena itu, jangan heran kalau Teman-teman tak akan melihat pengemudi di dalam bus otomatis ini. Wah, naik kendaraan tanpa supir, benar-benar seperti impian masa depan, ya?

Irawan Harahap sebagai Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, pengembang properti dengan pengalaman 10 tahun di Indonesia, menyatakan bahwa perkembangan kendaraan tanpa awak Navya Arma memperkuat semangat Sinar Mas Land untuk mewujudkan komitmen dalam memberikan solusi bagi kebutuhan kendaraan rendah emisi karbon dan mendorong hidup yang berkelanjutan.

Selain itu, Irawan juga yakin bahwa inovasi AV yang hadir dengan fitur smart technology ini bisa menjadi alternatif moda transportasi baru dalam melayani masyarakat.

Fitur-fitur canggih autonomous vehicle ini mencerminkan gaya hidup BSD City yang bertransformasi dari kota mandiri ke smart integrated digital city, terutama dalam ekosistem Digital Hub yang penuh dengan kegiatan teknologi digital.

Visi Green Office Park (GOP) BSD City sebagai kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan diharapkan semakin terwujud dengan hadirnya Navya Autonom Shuttle ini. Uji coba kendaraan listrik di kawasan ini merupakan kelanjutan kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation. JICA, Mitsubishi Corporation bersama-sama dengan MACNICA Inc. mendukung pendanaan inisiatif ini.

Navya pertama kali diuji coba di Qbig BSD City di bulan Mei sampai Juli 2022. Uji coba di kawasan GOP dilaksanakan pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023.

Navya Arma Bus Otomatis Pertama di Indonesia
Navya Arma, Bus Otomatis yang Cerdas,
bekerja dengan sensor untuk mengidentifikasi sekitar secara real-time

Cara Naik Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di Green Office Park, BSD City

Ukuran Navya yang kompak, yaitu 4,7 m x 2,1 m dapat menampung sebanyak 15 penumpang, dengan formasi 11 penumpang duduk dan 4 penumpang berdiri.

Masyarakat umum dapat mencoba Navya secara gratis, loh! Autonomous vehicle ini beroperasi setiap hari Selasa sampai Minggu, pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. Teman-teman hanya perlu pergi ke Green Office Park BSD City dan menuju ke Lobby Utama The Breeze. Di sana sudah menunggu si biru imut Navya Amra yang menggemaskan tetapi canggih ini.

Navya Arma Bus Otomatis Pertama di BSD City
Cara Naik Navya Arma, Bus Otomatis Pertama di BSD City

Teman-teman diharapkan melakukan pendaftaran dan mengisi survey sebelum dan sesudah menaiki bus otomatis ini, lewat aplikasi OneSmile yang ada di Apple App Store maupun Google PlayStore. Anak-anak juga boleh ikut, asalkan memiliki tinggi badan minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, rasakan pengalaman berkendara dengan Navya Arma, bus otomatis pertama di Indonesia, di The Breeze, BSD City.

No comments:

Post a Comment