Monday, March 12, 2018

Segarnya Pertemanan Asinan Blogger, Bangkitkan Potensi Diri


Segarnya Pertemanan Asinan Blogger, Bangkitkan Potensi Diri -- Komunitas, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalamnya.

Kalau aku modif sedikit, menurutku komunitas adalah sekelompok orang yang berkumpul bersama secara sadar dan sepakat untuk saling memberi dan mendapat manfaat dari kebersamaan mereka, berdasarkan kesamaan ide, minat atau hal lainnya antar sesama anggota komunitas.

Iya harus sadar dan sepakat, karena kalau tidak maka rasa nyaman berada dalam komunitas tersebut tidak akan ada. Yang terasa hanya keterpaksaan. Dan apa gunanya komunitas? Apa gunanya berkumpul bersama? Untuk memberi dan mendapat manfaat. Lho? Kok asas manfaat banget sih? Tidak apa-apa... karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya, apalagi kalau bisa sampai memberi manfaat bagi lingkungan yang lebih luas. Itu hebat sekali. Jadi asas manfaat itu tidak apa-apa, asal kita juga memberi, bukan maunya hanya menerima saja. 

Ada beberapa komunitas yang aku ikuti sekarang ini, dan salah satu yang kurasa benar-benar memberikan sumbangsih pada pengembangan diri sampai saat ini adalah Komunitas Asinan Blogger. Awalnya aku masuk Asinan melalui grup WA adalah sekitar tahun 2015, bermodalkan koneksi seorang teman dan beberapa tulisan receh di blog aku yang receh pula. Masuk ke suatu komunitas yang isinya adalah blogger-blogger yang sudah mumpuni terus terang membuatku jiper saat itu. Aku belum tahu apa yang mereka bicarakan, bahasanya masih bahasa alien menurutku, apalagi bahasannya. Istilah-istilah yang bikin aku mengangkat alis, tapi mau tanya malu. Mau browsing malas hehehe...

Akhirnya sering jadi silent reader aja. Kadang-kadang memberi komentar untuk sekadar menunjukkan bahwa aku masih ada. Eh, sampai sekarang juga sering masih jadi silent reader sih heuheuheu...

Tapi Asinan memang asyik. Seiring waktu, aku juga tahu kalau mereka pun sama seperti aku. Semua di sini sama-sama belajar. Baik yang sudah lama menjadi blogger, atau yang baru seperti aku. Aku merasa kalau kami sedang belajar bersama. Hanya saja, start awalnya berbeda. 

Kami belajar juga saling mengenal satu sama lain. Ya hahaha... waktu itu ternyata ada beberapa dari mereka yang juga belum pernah bertemu muka. Padahal kalau ngobrol di WA, kaya yang udah akrab gituh hehehe... Ya, belajar saling mengenal dan menghargai pribadi-pribadi lain yang pastinya berbeda dengan kita. Beberapa perbedaannya sedikit, ada juga yang kesamaannya yang tidak banyak.

Lalu manfaat apa yang aku dapatkan dari grup Asinan? Ah, kalau disebut satu-satu, aku tidak akan bisa. Ya coba dong. Baiklah.

1. Di Asinan, aku belajar tentang dunia blog yang sama sekali baru untukku saat itu. Meski mungkin kecepatan belajarku seperti keong, dengan alasan klasik sibuk, tapi aku tetap belajar kok.

2. Dari Asinan, aku belajar tentang intrik dan lika liku dunia blog yang ternyata seru dan punya banyak momen "Ah masa sih?", "Oh ternyata...", "Eh tau ngga..."  dan lain lain. Hehehe... aku siap pantengin grup kalau pas lagi momen-momen seperti ini wkwkwk...

3. Ada beberapa kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan orang baru di dunia yang baru juga. Ya ini namanya kopdar atau event. Ajang bertemu teman sesama blogger. Sayang, kalau dulu aku sering tidak bisa ikut dengan alasan kerja Senin-Jumat, sekarang aku tidak bisa ikut karena family time Senin-Senin lagi. Hahaha iyes aku kan punya baby sekarang jadi kalau mau pergi-pergi harus mikir berkali-kali dengan berbagai pertimbangan untuk kenyamanan aku dan baby.

4. Di Asinan, aku belajar tentang hubungan pertemanan. Ah masa sih? Beneran lho. Berteman itu susah-susah gampang. Kalau mau dibawa susah ya susah, kalau mau dibuat gampang ya gampang. Susah kalau kitanya masih keukeuh ngikutin apa maunya kita aja dan berharap orang lain yang seharusnya memahami dan menyenangkan hati kita. Gampang kalau kitanya yang punya sikap mau memahami orang lain dan punya keinginan untuk menyenangkan hati orang lain seperti kita juga ingin dibuat merasa senang. Lalu walaupun kita sudah mau dan berusaha untuk menyenangkan orang lain, orang lain pasti akan senang? Belum tentu juga sih. Namanya juga manusia. Pasti ada salah dan khilaf. 

Empat saja dulu yaa... 

Lalu apa yang sudah aku buat untuk kebermanfaatan Asinan? Euhh... sulit banget jawabnya. Dipikir-pikir sekeras apa pun, kok ya ngga nemu satu juga :(
.
.
.
.
.
Okelah, aku hanya menemukan satu, itu pun mungkin bukan khusus untuk Asinan. Satu itu adalah, dari semua yang kupelajari di Asinan, bergabung dengan teman-teman sesama penulis blog, mudah-mudahan aku bisa mendapatkan semangat untuk terus menulis di blog-ku. Semoga apa yang aku tulis bisa memberi manfaat untuk orang lain. 

So stay with Asinan! Merasakan bukan hanya semangat, kesenangan dan kebersamaan, tapi juga kesedihan, kegalauan dan kebingungan. Karena menerima pertemanan itu bukan berarti hanya turut senang di saat suka, tapi yang terpenting adalah bersedia untuk ada di saat duka. 
.
.
.
.
.
Padahal aku teh maksud awal pengin bikin tulisan tentang kopdar AsinanxSunpride. Kok malah 'melantur' ya. Gapapa deh ya. Supaya agak nyambung, aku kasih foto-foto keseruan acara kopdar berikut ini:




All photos taken by Mba Ratna Amalia. Terima kasih Mba Arin yang sudah membuat acara kopdar AsinanxSunpride ini terjadi. 

1 comment:

  1. Seru acaranya kumpul bareng sesama komunitas blogger ya,kak ...
    Tematik pula, ada beraneka buah khas asinan 😁

    ReplyDelete