Friday, October 13, 2017

Tips dan Strategi Membangun Personal Branding



You need to brand yourself to be known by other! Or you'll just be... a nobody...

Apa sih istimewanya branding, atau personal branding di jaman serba digital sekarang ini? Wow, penting banget, bow! Personal branding menunjukkan siapa kita. 

Di masa kini saat 40% warga Indonesia aktif bermedsos dan 51%-nya adalah pengguna internet, rasanya tidak ada deh yang tidak kenal Facebook, IG, Twitter dan media-media sosial mainstream lainnya. Dari balik kamar sampai ke pasar, telepon genggam bisa djumpai di mana saja. Setiap orang bisa update status kapan saja. Status apa? Apa aja juga boleeeh... Tapi taukah kamu, status kamu bisa mencerminkan siapa kamu? Apa yang kamu cuitkan di Twitter, bisa membuat orang-orang membayangkan pribadi seperti apakah kamu? Dengan kata lain, apa yang kita tampilkan di media sosial, bisa jadi adalah personal branding kita.
Komunitas @BloggerBogor dalam rangka ultahnya yang ke-9, menggelar acara bincang-bincang bertajuk Digital Personal & Branding Strategy. Acara ini digelar dalam rangka kampanye #BLO9OR pada tanggal 30 September 2017 di Coffee Toffee POSTshop di Kantor Pos Cibadak, Jl. KH Sholeh Iskandar KM2.

@BloggerBogor adalah komunitas yang berisikan para penulis blog di kota Bogor. Berdiri sejak 24 Agustus 2008, tahun ini Blogor telah mencapai usia 9 tahun. Komunitas ini juga aktif berkegiatan sosial seperti kegiatan panti asuhan, gerakan memungut sampah, cerdas cermat dan pastinya yang tidak ketinggalan adalah kegiatan berbagi ilmu dengan anggotanya sendiri dan komunitas lain.

Pada acara ini @BloggerBogor berkolaborasi dengan @KitaFoodie Culinary Network, @10Thrones Creative Syndication, @Hibrkraft, @GoodNoteID dan @CoffeeToffeeIDN, berbagi ilmu dengan anggota-anggotanya dan anggota komunitas lain yang hadir yaitu komunitas olah raga @BogorRunners dan komunitas lingkungan @Tjiliwoeng, mengenai personal branding dan strategi untuk menghasilkan branding yang kuat.

    "Personal branding
is what people say about you when you are not in the room"


"Eh, lo tau ngga si seleb IG yang itu tuh... si A, dia keren banget ya. Jalan-jalan terus, makan-makan terus. Hidupnya senang banget yaaa... pengen deh seperti dia!"
"Lo baca ngga status FB-nya si B kemarin. Malesin banget deh. Ngeluuuh mulu... Kompleen mulu kerjanya. Semua dikomplen. Kasihan banget yaa, hidup kaya dia,"
"Aku pengen beli tas nih. Kemarin lihat-lihat IG-nya brand C, keren-keren semua tas-nya. Eksklusif. Nanti tolong bantu aku pilih yaaa."

Contoh seleb IG A memberikan personal branding sebagai seorang traveler dan pecinta kuliner. Status B menyatakan bahwa dirinya adalah orang malang dan tas merek C dipercaya sebagai tas berkualitas baik dan eksklusif. Cocok dengan quote dari Pak Ibrahim Anwar di atas, ya.

Berkaitan dengan tema pada ultah @BloggerBogor #BLO9OR, Pak Ibrahim Anwar selaku Marketing Coordinator Officer @Hibrkraft menyatakan dalam presentasinya bahwa personal branding yang ditampilkan oleh kita, dapat memberikan dampak pada orang yang membacanya. Dampak itu dapat berupa tampilan kepribadian yang dimaksudkan untuk dilihat oleh orang lain (persona), inspirasi bagi orang lain, kemampuan untuk menjual atau peluang (kans) untuk mencapai sesuatu. 

Pak Ibrahim juga menyatakan bahwa, personal branding dapat dikembangkan dengan cara:
- menciptakan profil yang profesional
- menjadikan profil kita mudah ditemukan
- merekayasa keberadaan kita secara digital
- aktif di media sosial
- memiliki blog
- konsisten memelihara personal branding
- ikut serta dalam komunitas yang sesuai
- terlibat dalam proyek 
- antusias untuk mengembangkan branding

Jadi, seperti apakah kita ingin dikenal dan diingat oleh orang lain? Semuanya tergantung diri kita sendiri.

Menciptakan personal branding yang melekat kuat dalam ingatan pembaca adalah suatu kerja keras dan memerlukan usaha yang lama, selama kita ingin brand kita tetap eksis. Sebesar apa pun keinginan kita agar pembaca menilai baik tentang kita atau produk yang kita jual, ada nilai-nilai yang harus kita junjung yaitu kejujuran, konsistensi, tidak melebih-lebihkan dan tidak meremehkan segala sesuatunya.

Sebaik-baiknya branding yang ingin kita ciptakan tentang kita atau produk yang kita jual, adalah yang apa adanya. Jangan pernah menipu karena lambat laun, tipuan itu akan terkuak juga. Jika memang ingin dinilai baik, maka jadilah baik, bukan berpura-pura baik. Jika belum baik, maka berusahalah untuk menjadi baik.

Tahukah kamu, jika kita baru pertama kali bertemu dengan orang lain, personal branding kita dapat ditentukan oleh 15 menit pertama saat berkenalan? Orang yang berpakaian rapi, berbicara sopan dengan penuh percaya diri dan dapat membawa diri dalam pembicaraan, tentu akan memberikan penilaian yang berbeda terhadap lawan bicaranya dibandingkan dengan jika dia bersikap sebaliknya.

Pada kesempatan ini pula, Pak Finka Ermawan sebagai Chief Communication Officer @GoodNoteID memberikan presentasi tentang pentingnya Digital Awareness melalui Digital Platform dan Digital Mindset & Softskill.

Digital Awareness atau terjemahan bebasku adalah kesadaran untuk menggunakan teknologi gadget dengan baik, harus didukung oleh pemahaman yang baik untuk dapat menggunakan berbagai digital platform secara optimal. Digital platform adalah :
- media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lainnya.
- website
- aplikasi
- messenger seperti Whatsapp dan BBM

Digital Mindset & Softskill sendiri terdiri dari keterampilan-keterampilan yang mendukung seperti:
- pemikiran yang berorientasi pada tujuan :
   memikirkan tujuan spesifik yang dapat dicapai dengan bantuan teknologi
- keterampilan komunikasi :
   membangun komunikasi yang efektif secara online dan offline
- keterampilan untuk berkolaborasi :
   membangun kerja sama saling menguntungkan dengan pihak lain
- keterampilan untuk memecahkan masalah
- keterampilan untuk belajar : menemukan pendekatan untuk melakukan inovasi
- kegembiraan atau keriaaan : teknologi dapat digunakan untuk mendukung minat dan hobi

Contoh penetapan personal branding dan kolaborasi saling menguntungkan diberikan oleh @Hibrkraft dan @GoodNoteID. @Hibrkraft memproduksi kerajinan kulit asli atau sintetis yang dapat diberi logo atau label nama. @GoodNoteID adalah suatu perusahaan start-up merchandiser, dengan produknya berupa planner, mini notes, notebook dan kartu pos yang khas dan unik. Kolaborasi keduanya menghasilkan #Trevi yaitu Travel Notebook mungil dengan sampul kulit sintetis ramah lingkungan.

Materi terakhir pada acara #BLO9OR ini disampaikan oleh ketua atau pupuhu Blogger Bogor yaitu Pak Hendra Gunawan. Pak Hendra berbagi ilmu tentang Google My Business serta seluk beluk cara mengembangkan bisnis dengan bantuan Google.

Coffee Toffe Postshop tempat dilaksanakannya talkshow

Suasana talkshow

Keseruan di acara ulang tahun Blogger Bogor
Ada banyak sekali ilmu yang disampaikan pada acara ini, selain tentunya makanan dan minuman kopi nikmat yang disediakan oleh Coffee Toffee dan goodie bags serta doorprize melimpah untuk para peserta. Semua yang hadir merasa senang dan puas. Semoga saja Blogger Bogor dapat terus mempertahankan apa yang sudah dicapai hingga hari ini, dan menjadi lebih baik lagi di masa depan untuk kemajuan anggotanya, komunitas dan kota Bogor tercinta.

SELAMAT ULANG TAHUN #BLO9OR! SUKSES SELALU!


Blogger Bogor / Blogor
Official email : BogorBlogger@gmail.com
Official instagram : @BloggerBogor
Official website : www.blogor.org

Contact person : +6281383195273 (Hendra Gunawan/Ketua)

#BLO9OR #CofTofBLO9OR #CofTofBGR #YIDIC #YesIDrinkIndonesianCoffee #GoodNoteID #GNIDTrevi #Hibrkraft #Hk #GNID #CofTofIDN #BloggerCofTof #CTCommunity #CoffeeToffeeComm #Love #Passion #Enthusiasm #BLOGOR


Tulisan ini dibuat untuk keperluan lomba blog yang diselenggarakan oleh @BloggerBogor, @Hibrkraft, @GoodNoteID, @KitaFoodie dan @10Thrones.





16 comments:

  1. Selamat Ulang Tahun Blogger Bogor, sukses selalu ya. Personal Branding sebuah proses yang belum saya dapatkan untuk menyatakan branding saya sendiri,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih, Mbak Astin. Sama, Mbak. Aku juga masih mencari jati diri sih. Sebenarnya sih sudah nyaman dengan blog yang sekarang ini, tapi mungkin kurang kuat aja brandingnya, jadi ngga dikenal orang hahaha :')

      Delete
  2. Very good points you wrote here..Great stuff...I think you've made some truly interesting points.Keep up the good work. branding agency

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wohh exactly what I was searching for, appreciate it for posting . san francisco brand agency

    ReplyDelete
  5. A very very interesting article! I’ll try to track that continues here! Thank you. branding firms san francisco

    ReplyDelete
  6. I am often to blogging and that i really appreciate your content regularly. The article has truly peaks my interest. I’m going to bookmark your website and maintain checking for brand spanking new data. branding companies in los angeles

    ReplyDelete
  7. I discovered your site website on bing and check some of your early posts. Always maintain inside the great operate. I recently additional encourage RSS feed to my MSN News Reader. Looking for forward to reading more within you at a later time!… top branding agencies los angeles

    ReplyDelete
  8. healthy eating should be our top priority since there are many junk foods and foods with no nutritional value these days** branding design los angeles

    ReplyDelete
  9. Halo, salam kenal..

    Bisa bantu update ga?
    =====
    Berkaitan dengan tema pada ultah @BloggerBogor #BLO9OR, Pak Ibrahim Anwar selaku Marketing Coordinator Officer @Hibrkraft menyatakan dalam presentasinya bahwa personal branding yang ditampilkan oleh kita, dapat memberikan dampak pada orang yang membacanya. Dampak itu dapat berupa tampilan kepribadian yang dimaksudkan untuk dilihat oleh orang lain (persona), inspirasi bagi orang lain, kemampuan untuk menjual atau peluang (kans) untuk mencapai sesuatu.
    =====

    1. Yang ibrahim anwar, dilink ke instagram.com/hibranwar
    2. yang Hibrkraft, di link ke hibrkraft.com

    Will be very much appreciated

    Haturnuhun…

    ReplyDelete
  10. Tips yang sangat bermanfaat, ditunggu tips lainnya
    Visit UMA
    P2MAL

    ReplyDelete
  11. At long last, you ought to consider the brand name related with the printing gadgets. https://once-tech.com/bottle-screen-printing-vs-bottle-labels/

    ReplyDelete
  12. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. I am hoping the same best work from you in the future as well.. name for company

    ReplyDelete
  13. I was looking for a good wash station bay so that i get a quality service from them. But you did amazing work on this article. Now I can easily get a good wash station bay near me. Thank you so much. Please keep updating this post.

    ReplyDelete
  14. I have express a few of the articles on your website now, and I really like your style of blogging. I added it to my favorite’s blog site list and will be checking back soon… brand names on sale

    ReplyDelete