Tuesday, March 15, 2022

Serunya Belajar Bahasa Inggris bersama Aplikasi LEXO LAB

"Bun, memangnya benar penjin hidup di salju?"

Aku yang sedang memotong wortel di dapur, menengok ke arah ruang tamu. "Apa, Defai? Apa yang hidup di salju?"

"Penjin!" jawab anak perempuanku sambil menunjuk ke layar laptop di depannya. Melihat aku mengerutkan kening dan menatapnya penuh tanya, dia mengulang jawabannya. "Penjin. Peng ... jin?" Nadanya semakin ragu-ragu. Lalu dia mulai cemberut.

Wah, pertanda buruk ... Aku menghampiri Defai, lalu menengok tontonan yang sedang dihadapinya. Film kartun tentang hewan lucu berwarna hitam putih yang hidup di kutub. Aku tersenyum lebar. "Ooo ... penguin."

"Iya, dari tadi kan Defai juga bilang peeen ... jiiin," omelnya dengan mata mendelik.

Aku meringis.

Di waktu lain, Defai menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Liriknya ... sedikit melenceng dari yang sebenarnya. Saat dikoreksi, dia bakal cemberut. 

Adorable ....

Internet punya banyak sekali manfaat positif jika kita bisa mengenali dan mengendalikannya. Salah satunya adalah memperkenalkan bahasa Inggris kepada anak-anak lewat pemilihan tontonan berbahasa Inggris, yang mendidik dan sesuai usia anak pastinya.

Namun, segala sesuatu ada tantangan-nya. Dalam hal anakku Defai, sering terjadi misunderstanding yang berujung pada ngambeknya puteri kecilku itu. Defai mendengar suatu kata dalam bahasa Inggris, lalu menanyakan artinya kepadaku. Pelafalannya yang kurang jelas, membuat aku sulit menangkap maksudnya. Sifat teguh pendirian (aka. keras kepalanya ... wkwkwk) membuatnya tidak mau diberi tahu cara pelafalan yang benar. Dia keukeuh bahwa yang diucapkannya sudah benar. 

Makanya, aku merasa beruntung banget saat menemukan LEXO LAB. LEXO LAB ini adalah aplikasi web yang cocok banget untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa Inggris, terutama pengucapan atau pronunciation. 

Tidak heran jika LEXO LAB dengan mudah merebut hati anak-anak. Saat mengikuti webinar soft launch LEXO LAB bertajuk Now Every Child Can Speak, dijelaskan bahwa LEXO LAB diciptakan oleh para tenaga profesional di bidang bahasa Inggris, yang pastinya juga sangat ahli dalam memberikan pengalaman belajar bahasa yang seru dan menyenangkan untuk anak. LEXO LAB dilahirkan oleh Fun Gum, perusahaan software yang berbasis di Auckland, Selandia BAru. 

LEXO LAB Launch Webinar


Webinar Soft Launch LEXO LAB: Now Every Child Can Speak


Silent Language Learners: masalah pada pembelajaran bahasa Inggris

Dari webinar ini, aku jadi tahu bahwa ada yang namanya Silent Language Lerners. Mereka adalah anak-anak yang lebih banyak diam saat belajar bahasa lain, padahal pembelajaran bahasa yang terbaik adalah mengan cara mengucapkannya. Mereka memilih belajar dalam diam atau silent karena hal-hal berikut ini:

  • mengalami kesulitan dalam keterampilan produktif, yaitu membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  • kurangnya rasa percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris
  • lingkungan atau suasana belajar yang membuat stress atau tertekan
  • kosa kata yang dikuasai masih sangat sedikit, sehingga kadang tidak tahu harus berkata apa
  • kurangnya pemahaman akan tata bahasa Inggris

 LEXO LAB dapat membantu orang tua dan anak mengatasi semua kesulitan yang disebutkan di atas.

“LEXO LAB mengubah cara anak-anak belajar berbicara bahasa Inggris. Pendekatan yang kami gunakan berbasis pada pengucapan yang mana kemampuan berbicara merupakan pusat dari kurikulum pembelajaran kami. Kami menyimulasikan cara anak-anak belajar bahasa pertamanya (bahasa ibu/bahasa daerah). Belajar bahasa dengan cara mengucapkannya merupakan cara yang paling mudah untuk diserap oleh otak.”
-- Derek Reeves, CEO Fun Gum Technologies Limited.

LEXO LAB membuat anak-anak merasa bermain saat mereka sesungguhnya sedang belajar bahasa lain selain bahasa ibunya. Mereka paham bahwa aplikasi yang menyenangkan perlu untuk merebut dan mempertahankan minat belajar anak-anak. Itu karena para ahli di LEXO LAB sangat serius ingin membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

Di LEXO LAB, anak-anak akan melalui 10 tahap pembelajaran:

10 proses belajar di LEXO LAB

Untuk menggunakan LEXO LAB ini, Moms cukup ketikkan LEXO LAB di mesin pencari, baik di Android, iOS maupun desktop. Aplikasi ini cukup user-friendly

Lakukan pendaftaran dengan memasukkan nama Moms, alamat email dan nama anak. Moms akan langsung mendapatkan email balasan dari LEXO LAB yang berisi user name dan password. Tuliskan dua hal itu di halaman muka LEXO LAB dan voila! Moms dan putra-putri Moms langsung bisa menggunakan LEXO LAB. As simple as that!

Tampilan LEXO LAB juga sangat menarik untuk anak-anak. Gambar yang lucu dan warna-warna yang mencolok sangat eye-catching. Defai suka sekali!


Kerennya lagi, aplikasi ini memberikan feedback secara real-time bagi latihan yang dilakukan. Anak-anak dan orang tua akan segera mengetahui kemampuan anak dan memperbaikinya, lewat bintang-bintang pada setiap setelah melakukan latihan.


“Penelitian kami membuktikan bahwa anak-anak telah mengalami peningkatan yang signifikan pada kemampuan berbicaranya hanya dalam waktu singkat menggunakan LEXO LAB. Terlebih lagi, ada peningkatan penting pada pengenalan kosakata anak, tata bahasanya, keterampilan mendengarkan dan membaca juga.” -- Dr Maedeh Taddayon, ahli bahasa di Fun Gum.

Dr. Maedeh Taddayon lebih lanjut mengungkapkan bahwa LEXO LAB juga menyadari dan menghargai kenyataan bahwa ada perbedaan pada potensi setiap anak. Perjalanan pembelajaran yang berbeda bagi setiap individu mendapat perhatian khusus dari LEXO LAB. 

Jujur saja, meski Defai masih kecil, baru usia menjelang enam tahun, aku ingin dia mengenal bahasa Inggris untuk membantu pembelajarannya di masa sekolah nanti. Bukan rahasia lagi bahwa untuk sebagian anak, bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dikuasai. Tenses dan grammar yang rumitbelum lagi vocabulary yang begitu banyak, bisa bikin anak pusyinggg jika bahasa asing ini tiba-tiba saja dibebankan saat masuk sekolah dasar. Jika anak pusing, akan ada kemungkinan nantinya dia akan tidak suka, yang tentu saja tidak akan kondusif untuk proses belajar ke depannya.

Usia 3-11 tahun, juga adalah usia emas bagi anak-anak untuk belajar bahasa lain selain bahasa ibunya. Defai berada di rentang usia ini. Dia juga berada di usia yang penuh dengan rasa ingin tahu dan ingin mencoba segala sesuatu. Saat kuperkenalkan kepada LEXO LAB, dia antusias sekali. Belajar dengan LEXO LAB sangat mudah, cukup dengan menyediakan tempat yang tenang, perangkat dan headset

Senangnya Defai berkenalan dengan LEXO LAB

Defai asyik belajar bersama LEXO LAB

Moms ingin anak-anak juga pandai berbicara bahasa Inggris? Yuk, mulai pakai LEXO LAB! 

Ada kesempatan untuk uji coba gratis (free trial) selama lima hari, lo. Semua anak akan mendapatkan progress report yang detail pada akhir masa uji coba. Sekarang ini sedang ada promo eksklusif LEXO LAB yang menawarkan diskon harga untuk berlangganan. Ada 2 pilihan metode pembayaran. Untuk langganan bulanan senilai IDR 65.000 bisa menggunakan kartu kredit. Selain itu juga ada paket 3 bulan dengan harga IDR 150.000 dan dapat menggunakan metode pembayaran yang bervariasi termasuk transfer bank ataupun e-wallet seperti GoPay, LinkAja, dan Dana. 

Yuk, jangan sampai terlewat kesempatan yang sangat berharga ini. 

Meningkatkan kemampuan English speaking ananda tercinta? Dengan LEXO LAB tentunya!


No comments:

Post a Comment