Friday, September 29, 2017

Liburan ke Sulawesi, Tempat-Tempat Ini Wajib Dikunjungi

sumber: tntakabonerate.com
Dari ujung utara ke ujung selatan, Sulawesi punya banyak tempat cantik yang bisa kalian kunjungi. Selama ini keindahan Sulawesi jarang diketahui publik. Kebanyakan hanya mengenal kawasan Sulawesi Utara yang punya Taman Laut Bunaken yang sudah terkenal sejak zaman dulu. Padahal sebenarnya Sulawesi punya banyak destinasi lain yang nggak kalah cantiknya. Kini dengan makin mudahnya akses transportasi ke Sulawesi yang sebagian di antaranya dilayani oleh Trigana, kalian bisa liburan santai ke Sulawesi tanpa pening dengan harga tiket yang mahal.

Mana saja tempat yang bisa kalian kunjungi di sana?

Pulau Selayar
Pulau ini berada di kawasan Sulawesi Selatan, tak jauh dari Makassar. Hanya kurang dari satu jam perjalanan laut, kalian sudah bisa menikmati keindahan pulau yang punya banyak pantai indah ini. Salah satunya adalah Pantai Sumingi yang berpasir putih dan berair biru jernih.

Pulau Labengki
Jika Sulawesi Selatan punya Pulau Selayar, maka Sulawesi Tenggara memiliki Pulau Labengki. Di pulau ini terdapat bangunan-bangunan cantik dari kayu di sepanjang garis tepiannya, mirip dengan resort yang ada di Bora-Bora. Keren banget, kan?

sumber: raja-wisata.com
Di sisi lain, terdapat puncak bukit Sombori. Dari sini, kalian bisa melihat keindahan Pulau Labengki yang sangat cantik dari kejauhan. Sensasi pemandangan dari Sombori pun berbeda dengan pantai di bawahnya.

Wakatobi
Masih dari kawasan Sulawesi Tenggara, ada Kepulauan Wakatobi yang menjadi destinasi unggulan Sulawesi. Di sini terdapat banyak spot diving yang tidak hanya memiliki pemandangan bawah laut luar biasa, tapi juga masih banyak hewan laut yang nggak bisa kalian temui di tempat lain.

Pulo Cinta
Terletak di Gorontalo, Pulo Cinta adalah tempat terbaik untuk liburan romantis atau bulan madu, hmmm... :) Seperti namanya, pulau pasir kecil di sini berbentuk hati seperti lambang cinta. Lalu di atasnya dibangun beberapa resort dengan bentuk hati pula. Begitu keluar kamar, yang kalian dapatkan adalah pemandangan laut jernih dan dangkal yang menggoda untuk sekedar bermain air, berenang atau bahkan snorkeling. Romantisss pastinya :)

Toraja
Sulawesi Selatan tidak hanya punya pemandangan alam yang cantik, tapi juga keindahan budaya yang masih terjaga hingga sekarang. Bangunan-bangunan di Tana Toraja sebagian besar masih terjaga kelestariannya. Demikian pula dengan menhir dan juga pemakaman batu serta tradisi adat istiadat yang masih dipelihara dengan baik di sana.

sumber: planetball.me
Buttu Macca
Dari puncak bukit Buttu Macca yang terletak di kawasan Enrekang ini kalian akan merasa berada di ujung dunia. Pemandangan lembah menghampar hijau dengan jalanan yang cantik terlihat indah dari puncak Buttu Macca. Sebuah pemandangan indah yang nggak akan kalian dapatkan di tempat lainnya.

Pulau Togean
Kawasan pulau ini punya banyak pantai cantik di sekitarnya. Salah satunya adalah Pantai Karina, dengan pasir putih dan air jernih. Pulau ini masih cenderung sepi, sehingga keindahan alamnya masih sangat natural. Kawasan di sekitar pantai bersih, nyaman untuk dijelajahi bersama sahabat atau keluarga.

sumber: 1001indonesia.net
Pulau Samalona
Pulau ini belakangan jadi favorit banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri karena keindahan alam bawah lautnya yang memikat. Air laut di Pulau Samalona amat jernih, membuat ikan-ikan dan karang yang ada di sana bisa dengan mudah dilihat oleh mata telanjang.

Untuk menuju tempat-tempat di atas, kalian tak perlu menempuh perjalanan darat yang memakan waktu. Naik Trigana saja, yang menyediakan banyak rute ke Sulawesi dari banyak kota di Indonesia. Tiket Trigana mudah didapatkan di internet, dan kalian juga bisa cek jadwal penerbangannya sewaktu-waktu via website. Yuk liburan, yuk! :)

2 comments: