Thursday, May 4, 2017

Tumis Jamur Kancing Saus Tiram


Aku suka semua jenis jamur. Jamur kancing, jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, semua suka. Walaupun ada bau-bau khasnya, aku tetap suka.

Jamur tiram dan jamur kuping sih sering aku temui di tukang sayur, sampai bosan. Tetapi kemarin, Mamang Tukang Sayur bawa jamur kancing, dan aku langsung terpikat.



Jamur kancing
Pikir-pikir, dimasak apa ya? Harus yang cepat karena aku tidak punya banyak waktu, hanya selama Defai bobo saja. Ah, aku bikin tumis jamur kancing saus tiram saja deh, dengan tahu dan baby kailan. Cepat dan enak.

Begini resepnya:

Bahan:
Jamur kancing segar, sekitar 15 butir (bener ngga yah istilahnya 'butir'), potong empat bagian
Tahu putih, 6 kotak kecil,
Baby kailan, 6 ikat potong-potong sekitar 2 cm
Bawang merah, 2 siung iris tipis
Bawang putih, 2 siung iris tipis
Daun bawang, 2 batang iris serong
Cabai merah besar, 1 buah iris serong
Merica bubuk, secukupnya
Saori saus tiram, secukupnya
Kecap manis, 1 sendok makan
Minyak untuk menumis, dua sendok makan

Cara memasak:
1. Panaskan minyak.
2. Masukkan irisan bawang merah, bawang putih, cabai merah, tumis hingga layu
3. Masukkan tahu putih, hancurkan kasar dengan sutil, aduk hingga setengah matang
4. Masukkan jamur kancing, matangkan.
5. Masukkan baby kailan, irisan daun bawang.
6. Taburkan merica bubuk, beri saus tiram dan kecap manis. Beri air sedikit jika perlu. Koreksi rasa.
7. Besarkan apinya sedikit, aduk.
8. Hidangkan selagi hangat.

Yumm...
Masak jamur kancing saus tiram tuh cepat banget! Yang agak lama adalah cuci-cuci bahan-bahan, iris-iris dan cuci peralatan masak dan piring bekas makannya heheh...

Sedikit tips untuk memasak ini:
1. Aku tidak pakai garam lagi karena rasa asin sudah disediakan oleh saus tiram. Gula juga tidak dipakai karena sudah ada kecap manis.
2. Olah jamur segera setelah dibeli. Jamur yang dimalamkan kadang jadi berubah warna, berair dan basah. Tampilannya jadi bikin ilfil. Kalau tidak bisa langsung diolah, usahakan untuk ditumis dulu, dinginkan ke suhu ruang dan taruh dalam wadah tertutup dalam kulkas.
3. Tentu saja banyak yang bisa ditambahkan untuk memvariasikan menu ini. Bisa ditambahkan baso sapi, baso ikan, otak-otak, hummm... pasti jadi tambah enak!
4. Matangkan tahu dan jamur lebih dulu, baru masukkan baby kailan. Jangan memasak baby kailan terlalu lama. Enaknya sih dimasak setengah matang, jadi masih bisa digigit dan krauk-krauk gituu...

Jamur kancing ini rasanya enak, kenyal dan legit. Seperti umumnya jamur, jamur kancing ini juga punya aroma khas, tetapi aku sukaa... Jamur kancing segar itu sehat lho. Bebas lemak, bebas natrium, kaya vitamin dan mineral, salah duanya vitamin B dan kalium. Jamur kancing juga rendah kalori, jadi aman dikonsumsi banyak-banyak... karena aku sukaa hihihi...

Dengan bahan-bahan di atas, aku bisa dapat... berapa porsi ya? Aku bagi dua saja sih dengan suami, dan bagianku lebih banyak hehehe... ^^

12 comments:

  1. Iya mba, jamur di masak tumis dengans aus tiram memang enaak

    ReplyDelete
  2. Duhhh aku suka banget sama jamur, nah jamur kancing ini memang lebih enak kalau ditumia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan memang spesialis ditumis yaa

      Delete
  3. Saya suka banget jamur. Dimasak apa aja kayaknya enak. Jadi pengen bikin masakan dari jamu karena lihat postingan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok masak! Yang pernah kucoba lagi sih, sop jamur. Enak juga!

      Delete
  4. jamur... aku suka banget dimasak apa aja

    ReplyDelete
  5. wah jadi kepikiran buat masak jamur malam2 begini aku lg stuck ntar shur masak apalagi semua uda dicoba hahaha ntar beli ah jamurnya. biasanya aku suka makan jamur yang dipakein bumbu cripsy hgtu mba enak banget itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga pengin coba masak jamur crispy, belum pernah.

      Delete
  6. hari ke 26 mulai bingung mo masak apa buat menu buka, maunya yg simpel tumis2 aja, resep ini bisa jadi variasi menu buka puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, soalnya cepet sih masaknya.

      Delete