Friday, May 19, 2017

Atasi Anyang-anyangan, Bebas Beraktivitas dengan Prive uri-cran


Apakah teman-teman pernah merasakan rasa sakit buang air kecil? Sakit sekali ya! Aku pernah merasakannya dulu. Aku sampai merasa takut lho untuk buang air kecil. Aku takut merasakan perihnya! Sungguh dilema, karena aku tahu bahwa buang air kecil tidak boleh ditahan-tahan. Tetapi malah, hasrat untuk buang air kecil menjadi lebih sering terasa. Sungguh beberapa hari yang sangat menyiksa!

Itulah yang namanya infeksi saluran kemih. Dari mana aku tahu, ya berdasarkan pemeriksaan dokter.


Beruntung, aku (((hanya))) mengalami infeksi saluran kemih yang tergolong ringan lho, jadi aku bisa menjalani perawatan jalan di rumah saja dan dokter meresepkan obat antibiotik dan pereda sakit saat itu. Infeksi saluran kemih yang parah memerlukan perawatan inap.... hiiiyy seram sekali kaaan. Terbayang dong betapa banyak aktivitas yang akan terganggu dan tertunda kalau sampai harus inap di rumah sakit. Urusan kantor, urusan rumah tangga, anak-anak... wahhh semua bisa kacau karena infeksi saluran kemih ini. Bahkan dengan infeksi saluran kemih taraf ringan saja, rasa tidak nyaman yang kurasakan sudah sangat mengganggu. Aku tidak nyaman berjalan, naik motor, takut buang air... aku sungguh tidak mau mengalami sakit ini lagi! Never!

Pertama saat kudengar tentang infeksi saluran kemih, terus terang aku merasa horor. Ya Tuhan, aku berpenyakit kelamin! Tetapi saat kutanyakan, apa dan kenapa terjadi infeksi saluran kemih, dokter menjelaskan bahwa ini adalah masalah kesehatan kewanitaan yang umum terjadi. 5 dari 10 wanita mengalami infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih sendiri diawali oleh gejala-gejala yang disebut anyang-anyangan, yaitu:
  • rasa tidak nyaman di perut bagian bawah 
  • rasa ingin buang air kecil yang terus menerus namun hanya sedikit yang keluar.
  • urine berwarna keruh dan berbau
  • terasa perih saat buang air kecil
  • merasa lelah dan kurang sehat, kadang disertai demam
Penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih sebagian besarnya adalah bakteri Escherichia coli (E. coli) yang biasanya hidup di saluran cerna. Jika pembilasan kurang bersih saat buang air besar atau buang air kecil, kotoran dari anus bisa jadi masuk ke organ kelamin. Air pembilas atau kloset yang kotor juga bisa jadi banyak mengandung bakteri E. coli ini dan saat digunakan bakteri tersebut bisa masuk ke saluran kemih. Penyebab anyang-anyangan lainnya adalah suka menahan buang air kecil dan kurangnya kebersihan pakaian dalam yang digunakan.

Kenapa anyang-anyangan banyak menyerang wanita? Sebenarnya infeksi saluran kemih dapat menyerang baik pria maupun wanita, tetapi secara anatomi tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, sehingga wanita lebih retan terhadap infeksi saluran kemih.

Dari ginjal, kotoran dalam darah disaring dan dikeluarkan dalam bentuk urine. Melalui ureter, urine dialirkan lebih lanjut ke kandung kemih. Setelah ditampung, urine dibuang melalui saluran yang disebut uretra. Nah, jika kita kaum wanita tidak seksama membersihkan diri setelah buang air besar atau kecil dan melakukan arah bilasan yang salah dari belakang ke depan, kotoran dari anus yang mengandung E. coli dapat mengenai uretra lalu terjadilah infeksi, dan wanita berpeluang lebih besar terkena infeksi ini karena jarak antara anus dan uretra yang lebih dekat dibanding pada kaum pria, juga jarak yang lebih dekat antara pintu uretra dan kandung kemih.

gambar dari gejalainfeksisalurankemih.com

Dan tahukah teman, anyang-anyangan yang dibiarkan berlarut-larut tanpa diobati atau berulang dapat mengakibatkan komplikasi lho! Infeksi yang timbul bisa terjadi di berbagai tempat dengan menimbulkan gejala yang berbeda-beda pula:
  • infeksi pada ginjal, dengan gejala nyeri di pinggang belakang atas, demam tinggi, mual dan muntah.
  • infeksi di kandung kemih, dengan gejala rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul serasa ditekan, buang air kecil terus menerus dan terasa perih, bahkan ada darah pada urine.
  • infeksi saluran kemih, dengan gejala perih atau sakit buang air kecil. Penyebab sakit saat buang air kecil ini adalah karena bakteri sistem pencernaan (E. coli) yang menyebar dari anus ke saluran kemih.
Infeksi-infeksi ini berbahaya terutama bila terjadi pada anak-anak. Pada ibu hamil, anyang-anyangan yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan bayi lahir prematur atau dengan berat badan rendah! Seram ya! :(

Nah, tentang kesulitan untuk buang air kecil, pernahkah teman-teman mengalaminya? Susah buang air kecil ini tidak boleh dibiarkan lho, karena dapat berpotensi menumpuk kotoran dalam ginjal dan kandung kemih. Ada beberapa cara untuk mengatasi susah buang air kecil, diantaranya adalah:
  1. Pijat-pijat dengan lembut perut bagian bawah untuk memastikan kandung kemih telah benar-benar kosong saat teman-teman selesai buang air kecil
  2. Tempelkan botol atau kantong berisi air hangat di perut bagian bawah untuk merelaksasi organ-organ yang bertugas mengalirkan urine
  3. Jika hal-hal tersebut di atas masih tidak berhasil dan teman-teman merasa terganggu, hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut
Aku teringat, memang beberapa hari sebelum aku merasakan infeksi saluran kemih, aku melakukan kunjungan ke beberapa pabrik rekanan kantorku. Aku pastinya selalu sedia air minum di tas bahkan di mobil. Namun sayangnya, di saat seperti itu kita tidak bisa memilih toilet macam apa yang ingin kita gunakan *hela napas. Memang ada beberapa toilet yang tidak bersih, airnya pun keruh kecokelatan. Tetapi kalau sudah kebelet bagaimana lagi yah...

Andai waktu itu aku tahu kalau ada yang enak dan mudah sebagai cara mengatasi anyang-anyangan. Ya, aku bisa mengkonsumsi Prive uri-cran!

Prive uri-cran adalah ekstrak buah cranberry yang terbukti secara klinis mampu mencegah anyang-anyangan sebagai gejala awal infeksi saluran kemih. Kandungan antioksidan proanthocyanidins dalam buah cranberry dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, memiliki sifat anti-adhesi yang dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih sehingga bakteri tidak akan menularkan infeksi.
Buah cranberry
Gambar dari healthdarts.com

Buah cranberry adalah buah pohon semak yang banyak berada di dataran Amerika dan Kanada dan telah lama dikenal memiliki beragam khasiat. Cranberry adalah sumber vitamin C, tinggi serat makanan dan mengandung mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin dan quertecin yang dapat mencegah penyakit kanker.

Tetapi, cranberry kan tidak ada di Indonesia. Buah cranberry juga mahal, dan kalaupun ada ya dijual hanya di supermarket-supermarket besar. Bagaimana dong?

Nah, untuk kepraktisan dan kemudahan kita, Combiphar sebagai produsen obat terkemuka telah menyediakan Prive uri-cran dalam bentuk sediaan kapsul berisi 250 mg ekstrak cranberry dalam dus berisi 30 kapsul dan diminum 1-2 kapsul per hari.


Ada pula Prive uri-cran Plus dalam bentuk sachet, yang mengandung 375 mg ekstrak cranberry di setiap sachetnya. Dapat dilarutkan dalam air, rasanya yummm... segarr! :) Prive uri-crane Plus bisa diminum 1-2 kali sehari.

Prive uri-cran dan Prive uri-cran Plus dapat diperoleh di apotik-apotik seperti Apotik Guardian, Watson dan Kimia Farma; juga di toko-toko online semacam Tokopedia dan Bukalapak.


Sungguh, aku tidak mau lagi mengalami infeksi saluran kemih yang menyiksa, Tetapi aku tidak mungkin menghindari tugas kantor, bukan? Aku masih harus melakukan kunjungan ke pabrik-pabrik secara berkala dan terpaksa buang air kecil di tempat-tempat yang tidak terlalu bersih, meskipun hal ini bukan satu-satunya penyebab anyang-anyangan. Jadi apa yang bisa kulakukan untuk mencegah berulangnya anyang-anyangan? Aku melakukan tindakan-tindakan pencegahan berikut ini:
  1. Tetap mengkonsumsi banyak air putih minimal 2 liter per hari 
  2. Tidak menahan buang air kecil
  3. Melakukan cara yang benar saat membilas setelah buang air kecil atau buang air besar. Selalu membilas area kemaluan dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri dari anus ke uretra dan saluran kemih
  4. Jika terpaksa dan kulihat air bilasan yang ada di toilet tidak bersih, aku akan menggunakan air botolan untuk membilas. Aku juga selalu menyediakan tisu basah.
  5. Menghindari mengkonsumsi minuman yang beresiko menyebabkan iritasi seperti minuman beralkohol dan minuman berkafein
  6. Menghindari penggunaan produk kewanitaan yang dapat menyebabkan iritasi
  7. Memperhatikan kebersihan pakaian dalam, jangan yang terlalu ketat dan gunakan pakaian dalam dengan bahan yang menyerap keringat
Nah, jika  tindakan-tindakan pencegahan di atas telah aku lakukan dan aku masih merasakan gejala anyang-anyangan, aku segera minum Prive uri-cran/Prive uri-cran Plus. Ini adalah cara mengatasi anyang-anyangan yang muncul dan akan mencegah terulangnya anyang-anyangan. Dengan demikian, bye bye pula infeksi saluran kemih!

Jadi teman-teman, yuk jaga kesehatan kewanitaan kita dan perhatikan higiene lingkungan! Jangan sampai deh mengalami anyang-anyangan. Ayo cegah dan atasi anyang-anyangan dengan minum Prive uri-cran/Prive uri-cran Plus, dan kita pun akan dapat bebas menjalani aktivitas kita dengan sehat dan nyaman!



2 comments:

  1. susah banget mba aku cari lrive uri cran ditempatku hehehe tahun lalu aku kena IsK jd ogn jaga2 lagi pke prive

    ReplyDelete
  2. Ingat, pernah ngerasain. sakit dan tersiksa banget anyang-anyangen

    ReplyDelete